powered by Google

Kaskus Dapat Investasi Senilai Rp. 600 Milyar ?

Senin, 13 Januari 2014


Kabar menggembirakan datang dari Raksasa Komunitas Online di Indonesia, kaskus.us. Siapa yang nggak tau KASKUS? Kaskus adalah sebuah komunitas online terbesar di Indonesia, dan dihuni hampir 3 juta agan dan aganwati dengan sekitar 80% kaskuser adalah user aktif dan hampir semuanya memadati salah satu kanal yaitu Forum Jual Beli.
Desas-desus akan spekulasi akuisisi ini akhirnya terjawab sudah di dalam Press Release-nya yang menyatakan bahwa kerjasama yang dilakukan antara Djarum Super dengan KASKUS adalah sebuah kerjasama berbentuk kemitraan bukan akuisisi secara penuh.
Lalu, berapa jumlah uang yang dikeluarkan oleh Djarum Super untuk KASKUS? Mari kita flashback sebentar, ketika Andrew menolak tawaran investasi dari sebuah Venture Capital, mencuatkan spekulasi bahwa investasi  yang diberikan oleh Djarum adalah melebihi apa yang ditawarkan sebuah venture tersebut. Terus berapa besar investasi yang ditawarkan oleh perusahaan Asing (ventures) yang ditolak KASKUS tersebut, investasi tersebut adalah berjumlah 50 Juta Dollar atau sekitar 450 Milyar Rupiah, sebuah angka menakjubkan untuk perusahaan yang awalnya dibangun dari sebuah tugas kuliahnya Andrew.
Pada akhirnya, beberapa issue-pun muncul ke permukaan, dan yang paling kuat sekali adalah sebuah sumber yang ditulis oleh seorang teman di sebuah koran online lokal Tempo. Di dalam tulisannya tersebut dinyatakan bahwa Djarum mempunyai kepemilikan saham sebesar 30% dari total saham-nya KASKUS, dan issue-nya 30%-nya tersebut bernilai 600 Milyar Rupiah.
Siapa yang tidak tergiur dengan dana investasi sebesar itu? Issue tersebut mengukuhkan KASKUS menjadi sebuah perusahaan termahal di bidang Digital Multimedia (Internet) se-Indonesia. Nilai jual KASKUS kini sudah sangat tinggi mencapai 2 Trilyun dengan asumsi besar nilai investasi Djarum, jauh meninggalkan teman-teman lainnya, bahkan jauh meninggalkan Satya Witoelar dengan Koprol-nya yang diakuisisi oleh Yahoo!.


Sumber: www.sandi.mardiansyah.com

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP