Selamat mas Pekik Argo Dahono!

Di Microsoft Academic publikasi mas Pekik sejak 1995 sampai 2011 sudah mencapai 51 buah dengan Citations 157. Pencapaian ini "mengalahkan jagoan" UI, T. Mart, PhD yang "hanya" memperoleh Citations 79 dari 143 publikasinya. Atau juga "menumbangkan jawara" LIPI, LT Handoko, PhD yang "hanya" memperoleh Citations 32 dari 68 publikasinya. Atau mas Pekik tega-teganya "merobohkan" Rektor ITB sendiri, Akhmaloka, PhD yang memperoleh Citations 61 dari 5 Publikasi.

Tapi mas Pekik pada tahap pertama Citations-nya "harus" menyamai pencapaian Wakil Rektor Bidang Mahasiswa dan Alumni ITB, Prof.DR.Ir. Hasanuddin ZA (Geodesi dan Geomatika ITB) yang Citations versi Microsoft Academic berjumlah 241. Syukur-syukur bisa mengejar pencapaian prestasi Prof.DR.Ir. Sri Widiyantoro, MSc (Dekan Fakultas Tambang dan Teknik Minyak ITB) yang Citations-nya versi Microsoft Academic sejak 1995-2011 mencapai 1.176 dari 32 Publikasi. Sedangkan berdasarkan versi Scopus Citations-nya 1.472 dan versi ISI Knowledge Citations-nya 1.240 masing-masing sampai September 2009. Publikasi DR. Sri Widiyantoro pantas mendapatkan Citations banyak karena tulisannya dimuat di jurnal sangat bergengsi di dunia seperti "NATURE" dan "SCIENCE" dengan Impact Factor sangat tinggi. Pencapaian DR. Sri Widiyantoro ini sekaligus boleh dikatakan merupakan representasi ilmuwan ITB dan Indonesia bahkan Asia Tenggara karena yang terbanyak dalam hal mendapatkan jumlah Citations.

Namun tanpa mengurangi penghargaan atas prestasi para dosen ITB lainnya di bidang Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. Maka menjadi harapan kita semua agar pencapaian ketiga dosen ITB Profesor Sri Widiyantoro, Profesor Hasanuddin dan DR.Eng. Pekik ini, memacu dosen ITB lainnya untuk berlomba-lomba dalam melakukan riset dan hasilnya dipublikasikan di jurnal ilmiah untuk di-Cited oleh para Authors/Peer Reviewer kelas dunia. Sehingga pada akhirnya akan mencerminkan kemampuan dosen ITB secara keseluruhan yang berdampak kepada Reputasi Akademik ITB di Peta World Class Universities.

Salam Riset,

Cardiyan HIS
Geodesy and Geomatics Engineering 1973