powered by Google

Tsinghua University: Pelopor Pertumbuhan Inovasi China?

Jumat, 23 Maret 2012

From: Suhono Harso Supangkat
Date: Sat, 24 Mar 2012 04:07:52 +0000
Subject: [Senyum-ITB] Tsinghua University: Pelopor Pertumbuhan Inovasi China?



View Larger Map
Peta dari A = Kota Terlarang (Forbidden City) ke B = Tsing Hua University

Salam,

Tsinghua University hari ini menjadi pemberitaan di media Indonesia, krn telah memberikan Dr. HC kepada SBY.
Saya tidak akan mengulas masalah pemberitaan tentang anugerah ini, tapi saya hanya ingin mengulas bahwa UNiversitas tersebut, telah berhasil menginisiasi salah satu pusat pertumbuhan negara tersebut melalui pembangunan ekosistem inovasi.
Tsinghua science and technological park, yg dibangun sejak tahun 1994, telah berkembang dan mempunyai 30 cabang di negeri China.
Universitas sebagai inisiator, yg kemudian diikuti dengan pemerintah dan industri, telah menjadi etalase China, bahkan sudah dijuluki menjadi "silicon valley-nya China".
Banyak pemimpin negara telah berkunjung ke kawasan atau lingkungan itu untuk studi banding.

Pada awalnya kawasan itu
dibangun untuk menjembatani hasil riset universitas ke dunia industri, baik melalui industri yang sudah ada, maupun pembuatan industri baru (new start up company).
Dalam konteks Triple Helix, mungkin ditambah satu lagi, komunitas. Universitas Tsing Hua telah berani mengambil "inisisasi" sebagai penggerak awal pembangunan ekosistem inovasi.
Persoalan membangun jembatan riset dan industri ini, memang saling menunggu. Dengan dalih kepentingan industri maka, universitas mengatakan, ini bukan tugas saya, industrilah yg memulai dg mengeluarkan anggaran riset atau inovasi.
Sementara di Industri yg di tekan agar segera untung dalam jangak pendek maka, lebih baik cari "margin" dengan "dagang" saja agar untung segera.
Nah pihak ketiga Pemerintah, apakah inisiasi pemerintah cukup kuat untuk ini, dengan konsep inovasi birokrasi dan prioritas apakah terpikirkan untuk konsep ini.
Saya kira China di era 1990 an terjadi seperti ini juga, dan 1993, Tsing Hua University berani mengambil inisisasi membangun ekosistem ini.
Huawai yg baru dibangun sekitar tahun itu, sudah menjadi perusahaan yg ditakuti pesaingnya.

Tidak lebih dari 15 tahun sudah 400 perusahaan dan ratusan ribu lapangan pekerjaan yg berbasis teknologi telah di hasilkan oleh inisisasi Tsinghua University.
Tercatat beberapa perusahan besar menjadi Tenant dlm Tuspark tsb, spt; Googel, SUN. Microsoft, Sclumberger, Toyota, NEC dll.
Inisisasinya memang bertahap, mulai pencanangan hingga pembangunan 13 Ha kawasan yg digunakan untuk keperluan ini.

Di Indonesia, yg sedang membangun percepatan ekonomi, melalui MPE3I, selain infrastruktur dan konektivitas maupn SDM/IPTEK, bagaiamana membuat ekosistem jembatan yang lebih lebar antara riset dan industri.

Bandung yg telah ada 2 universitas besar, dan beberapa universitas terkenal serta ada lebih 10 perusahaan besar baik BUMN maupun swasta, mestinya bisa dibangun jembatan ekosistem inovasi sebagai pertumbuhan nasional. Tidaklah mungkin bisa dibuat cabang di setiap pulau, atau propinsi di kemudian hari.

Ibarat telur dan ayam, siapa duluan untuk bangun ini. Mudah mudahan ada suatu jalan untuk bangun ini.



Baca juga :
Silicon Valley, Surga Penggiat Start-Up

Prof Suhono mengajak swasta berinovasi

Biodiversity dan Studi Kekayaan Botani Indonesia


-----------------



Uploaded on Apr 23, 2011
Tsinghua University was established in 1911, and has developed into a comprehensive research university. At present, the university has 14 schools and 56 departments with faculties in science, engineering, humanities, law, medicine, history, philosophy, economics, management, education and art.

The educational philosophy of Tsinghua is to "train students with integrity." Among over 120,000 students who have graduated from Tsinghua since its founding are many outstanding scholars, eminent entrepreneurs and great statesmen remembered and respected by their fellow Chinese citizens.

With the motto of "Self-Discipline and Social Commitment" and the spirit of "Actions Speak Louder than Words", Tsinghua University is dedicated to the well-being of Chinese society and to world development.


2 comments:

IA-ITB 24 Maret 2012 pukul 03.27  

From: suronopvg@yahoo.com
Date: Sat, 24 Mar 2012 09:17:47 +0000
To:
Subject: Re: [Senyum-ITB] Tsinghua University: Pelopor Pertumbuhan Inovasi China?



Mas Ubed,

Jika tdk salah baca, Alm Gus Dur, telah mendapat gelar Dr HC dr berbagai negara, salah satunya dr USA, tapi saya kok belum pernah dengar (or saya yg bodoh) Alm Gus Dur mendapat Dr HC dari Universitas di Indonesia ya. Atau mungkin standard penilaian Univ2 di Indonesia sangat tinggi dibanding Univ2 di luar Indonesia ya?


Salam
Surono FI76

IA-ITB 24 Maret 2012 pukul 03.28  

From: joshjosman@gmail.com
Date: Sat, 24 Mar 2012 09:44:44 +0000
Subject: Re: [Senyum-ITB] Tsinghua University: Pelopor Pertumbuhan Inovasi China?




Cerita keberhasilan Tsinghua sangat inspirasional. Keberhasilan ini mungkin didukung oleh kuatnya kultur Cina dalam kekompakan komunal.

Para ilmuwannya juga senang bekerja secara komunal dalam lingkungan universitas.

Sementara itu, kultur kita masih lebih senang berjuang sendiri2.
Kebhinekaan pun masih terasa seperti sekat2 dalam bekerja sama.

Kira2 apa terobosan ITB untuk mempelopori semangat komunal dalam riset dan pengembangan sentra industri ditengah dana riset kurang tebal?

Semoga kita dapat terobosan dalam situasi sulit.



Salam
Luhut

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP