powered by Google

Industri Pertahanan: Sekilas Technology Day di Kongsberg, Norwegia

Selasa, 11 November 2014


From: "Henry Ako Tampubolon 
Date: Mon, 10 Nov 2014 15:58:40 -0800
Subject: [Senyum-ITB] Sekilas Technology Day di Kongsberg (Norway) - Defence Industry




Rekan2 alumni ITB,

Minggu lalu Kemenhan dan institutsi terkait mengadakan pameran industri pertahanan di Jakarta. Saya mengikuti beberapa artikel dari tank Badak, pesawat jet kerjasama dengan Korea dan rudal yang bisa di produksi di Pindad. Saya pribadi senang dengan perkembangan yang ada di Indonesia untuk bidang defence industri ini. Meskipun saya pribadi menyimpan sedikit kekawatiran untuk kelangsungan bidang manufacturing di ITB dimana sepengetahuan saya bidang ini menjadi least priority bagi alumni ITB karena mereka lebih memilih bekerja pada bidang operasi oil and gas.

Yang mendasari saya menulis tulisan ini adalah ada kegiatan pameran industri
http://teknologidagene.no/ di kota kami berdomisili saat ini yaitu Kongsberg (Norway).
Tujuan dari kegiatan ini terutama adalah menanamkan rasa keingin tahuan bagi anak2 (penerus bangsa Norway) di kemudian hari untuk menggelutin bidang ini.
Kota Kongsberg adalah katalisator bagi semua aspek industrialisasi di Norway termasuk untuk explorasi migas terutama pada saat awal2 Norway memproduksi migas (http://www.kongsberg-teknologipark.no/).
Pabrik dan fasilitas manufacturing serta engineering center dibuka untuk umum pada hari Sabtu minggu lalu kami mengunjungin Kongsberg Maritime yang memproduksi dynamic positioning (steering system) untuk vessel dan offshore rig, GKN aerospace yang memproduksi turbine gas buat boing dan sejenisnya, Dresser Rand yang memproduksi pompa dan turbine gas, FMC Technologies untk subsea dan Kongsberg Arsenal yang memproduksi peralatan industri pertahanan di Norway dan untuk export dan yang lainnya. Mereka menyediakan bus gratis untuk transportasi. Anak kami sangat senang dengan kunjungan ini, kami sendiri berharap dia bisa meneruskan bapaknya yang menggelutin bidang mechanical engineering terutama pada bidang manufacturing dan engineering design pada suatu saat nanti. Motto Kongsberg technology park adalah 1/3 bumi ini adalah air, 2/3 nya dikuasai oleh Kongsberg. Mereka punya industri dari subsea, maritime, hingga aerospace di kota ini. Negara kecil dengan visi yang luar biasa melalui motto ini.

Saya menaruh perhatian khusus untuk produk2 dari Kongsberg defence dimana produk mereka adalah missile, dan beberapa komponent pesawat terbang untuk McDonald, Boeing, etc.

http://www.kongsberg.com/en/kds/

Tahun ini perayaan Kongsberg technology park 200 tahun, dan setelah beberapa lobi dari pihak panitia akhirnya Kongsberg defence membuka pabrik mereka untuk umum dimana sebelumnya mereka sangat tertutup. Pada saat baru masuk ke pabrik ini atmospher manufacturing dan high tech itu begitu terasa bagi saya pribadi. Baru beberapa meter melangkahkan kaki ini, saya langsung di buat kagum dengan rudal skuad (ini yang digunakan untuk mengcounter any missile yang masuk ke sebuah negara). Saya langsung bertanya kepada penjaga system rudal ini, apakah mereka membuat saja atau juga mendesign rudal ini. Mereka menjawab bahwa mereka mendesign dan membuat rudal ini dan customer mereka adalah negara2 Eropa, timur tengah dan Amerika. Mereka pun menunjukkan bahwa rudal yang di pertunjukkan itu akan di kirim ke Oman. Saya pribadi terus terang baru tahu negara ini bisa membuat system rudal secanggih seperti ini. Kemudian mereka punya Joint Missle Strike yang dipakai di Norway dan tentara Amerika untuk di perairan. Satu lagi yang menarik bagi saya adalah sistem satelit untuk Ariane 5 pun mereka yang mendesign dan memproduksinya di Norway. Ada begitu banyak produk industri pertahanan yang mereka buat namun 3 produk ini yang membuat saya begitu terkagum dengan visi industri manufacutring mereka ke depan. Industri pertahanan spt Pindad Norway itu dimulai tahun 1831 namun pabrik modern mereka baru beroperasi praktis sejak 2006, jadi masih baru menurut saya mereka memordinasi industri ini.

Pembimbing phd saya adalah satu pemikir untuk visi manufacturing Norway 20-30 tahun ke depan. Mereka mungkin melangkah kurang dari 10 tahun untuk visi ini dan sudah berada pada posisi ini untuk bidang defence. Uang dari hasil migas mereka investasi untuk pengemangan technology bidang engineering design dan manufacturing untuk menguasai 2/3 bumi ini. Saya pribadi berharap Industri defence Indonesia bisa bergerak ke arah spt ini melalui Pindad, PT DI dan perusahaan lainnya ke depan. Saya bersyukur buat Pak Habibie yang memulai industri strategis ini lebih dari 30 tahun lalu. Beliau juga yang menginspirasi saya memilih bidang mechanical engineering selain Bapak saya yang dulu bekerja pada sebuah pembangkit listrik.

Bravo untuk industri pertahanan Indonesia.
Saya berharap ITB juga bisa bergerak pada bidang ini pada bidang2 penelitiannya.



salam,
Henry


1 comments:

IA-ITB 11 November 2014 pukul 06.36  

From: "Kristanto Santosa
Date: Tue, 11 Nov 2014 07:04:33 +0700


Terimakasih ceritanya Henry, saya sependapat bahwa industri pertahanan bisa jembatan untuk industri manufaktur yang efisien dan berteknologi.

Besok saya akan membuat episode TV Inovator Indonesia di PT Pindad Bandung, khususnya tentang para inovator yang membuat panser Anoa.
Kalau ada saran-saran apa yang mesti ditekankan dan dilihat dalam industri pertahanan, mohon saran.


KS
TI-73

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP