powered by Google

Harimau dan Tikus

Senin, 22 September 2014


Pada 23 Sep 2014, pukul 09.25, "'Sunandar N. Gusti' menulis:
 

Keyakinan itu bahaya laten. Ketika seseorang sudah yakin, dibutuhkan enormous power untuk mengubah keyakinannya tersebut. Maka itu hati-hatilah dalam membentuk keyakinan. Lebih baik putar file mp3 daripada menyanyi dengan nada sumbang. Default pemimpin yang baik itu lebih baik lambat yakin, daripada terlalu cepat yakin dan berujung bencana. Better to loosen the grip than swing the stick to the empty air.

Dari semua hal di republik ini, baru 3 hal yang Jokowi yakini:
1. Indonesia pintar
2. Indonesia sehat
3. Sistem adminduk
Ketiga hal ini sudah touchdown, tinggal skema operasionalnya saja yang masih open to discuss.

Hal-hal lain di luar ketiga hal di atas masih mengawang-awang. Berjalan dengan waktu. Kalau dia hari ini masih belum yakin, sudah seharusnya memang begitu. Bedanya predator (harimau) dan tikus adalah: harimau mengintai mangsanya cukup lama sementara tikus mencuri setiap kesempatan yang ada. Perbedaan ini menempatkan harimau di puncak piramida makanan, sementara tikus berada di dasar piramida, hanya satu level di atas kedele. 

Kasus lainnya, pergerakan liar bola mata adalah tanda kebohongan.
Tetapi tidak berarti liarnya bola mata orang di hadapan anda berarti dia sedang menipu anda. Bisa jadi dia sedang menjaga perasaan anda dengan jawaban yang dikarangnya. White lies. Tidak semua orang siap menghadapi kebenaran telanjang (naked truth). Terutama di Indonesia, rasa lebih utama. Ketika orang bilang A bisa jadi maksudnya adalah B. Butuh kuliah 3 sks untuk mempelajari teknik dan metode penerjemahan A ke B supaya tidak nyasar ke C :)


Salam,
Nandar
FI-98


1 comments:

IA-ITB 22 September 2014 pukul 22.21  

From: "Alfi sutan_alfi
Date: Tue, 23 Sep 2014 09:52:11 +0700


Mas Nandar,

Trims sharing ilmu nya, antara harimau dan tikus.
Verry interesting..



Alfi tm84

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP