powered by Google

Polemik Ujian Nasional

Kamis, 11 Oktober 2012


From: "Fxhadi.net3"
Date: Thu, 11 Oct 2012 18:12:55 -0500
Subject: Re: [Senyum-ITB] Re: Polemik Ujian Nasional




Ranking SMA di AS biasanya dilakukan oleh US World n News report tiap tahun. Di luar perankingan ada lab schools yang katanya gak boleh ikutan diranking karena gak 'fair', mengingat banyak lab schools didukung oleh universitas2 besar, seperty U Maryland, U Illinois, dll.

Tergantung circle network nya, beberapa circle network di kota kota besar Chicago, New York City, LA, dll. demen banget menyekolahkan anak mereka ke prep schools yang tops abis. Jadi mereka sangat bersaing buat masukin sekolah anak anak mereka. Demikian juga beberapa circle sangat mau mengirim anak anak mereka bersekolah ke Ivy League schools.

Di kota saya ada satu lab school SMA dimana peminatnya cukup banyak dan saringannya sangat ketat berdasar ISAT, aktivitas, awards, dll. Sekolah ini rata rata nilai SAT beberapa kali tertinggi se AS, dan banyak yang mendapat nilai full 100%

Kenapa harus dibuat UN ya? kenapa gak pakai tes standar untuk mengkalibrasi antar SMA atau tes standar ala SAT atau ACT untuk mengukur kemampuan antar pelajar?

FX Nursalim
IF 81


On Oct 11, 2012, at 5:08 PM, "irsal2002" <iimran@azcc.gov> wrote:

Ini cerita sedikit mengenai Basis ini karena kebetulan mereka lagi bikin yg baru di sekitar tempat saya tinggal. Istri saya sebelumnya pingin sekali memasukan anak2 saya ke sana, tapi selalu saya tolak. Dia memang tidak tahan kalau ngumpul ama ibu2 Indonesia lain ceritanya ttg anak2 mereka yg sekolah di Basis hebat-hebat:).

Dari cerita pengelolanya, Basis ini sebelumnya adalah sekolah private dan ingin mengoperasikan sekolahnya seperti Korea. Tapi ternyata ketika mereka berstatus private, mereka tidak bisa beroperasi dg baik karena muridnya cuman bisa dihitung dg jari. hal ini wajar karena umumnya orang dunia ketiga agak kesulitan kalau menyekolahkan anaknya di swasta, sementara orang putihnya banyak yg tidak berminat. Akhirnya mereka merubah statusnya menjadi charter school, dimana mereka tidak menarik bayaran, tapi dapat bantuan pemerintah, kalau nggak salah 60%, dimana sisanya mereka menggalang dana sendiri. Baru setelah mereka berubah charter school, orang2 dunia ketiga yg sebelumnya nggak mau keluar duit buat biaya anak2nya sekolah di sekolah "keren" berebutan masuk Basis:).

salam,

-Irsal

--- In Senyum-ITB@yahoogroups.com, "irsal2002" wrote:
>
> Betul kata Mas Moko, di amerika tidak ada UN tapi hanya standard test. Di Arizona nama standard testnya AIM testhttp://sprkr.co/ArizonaHebat , yg gunanya untuk menentukan score atau ranking dari sekolah. Cuman anehnya yg mempermasalahkan ranking sekolah umumnya adalah orang2 dari dunia ketiga, termasuk Indonesia. Orang bule sendiri banyak tidak peduli apakah sekolah tersebut hebat dalam math dan sciencenya. Seperti misalnya BASIS School di Arizona yg termasuk top ten amerika, hampir tidak ada bulenya. Bukan karena mereka tidak mampu, karena memang untuk masuk Basis tidak ada test masuk dan sekolahnya free dimana systemnya adalah siapa cepat dia dapat. Tapi tetap saja selalu ada tempat kosong karena banyak yg tidak berminat.
>
https://www.basisschools.org/
>
> salam,
>
> -Irsal 

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP