powered by Google

Profesor Djoko Temukan 100 Spesies Amfibi

Senin, 04 Maret 2013


Profesor Djoko Temukan 100 Spesies Amfibi
Sabtu, 2 Maret 2013 21:08 WIB
(STIH) ITB Prof Djoko T Iskandar berhasil menemukan lebih dari 100 spesies amfibi dan reptil yang baru dalam dunia pengetahuan.

"Selama 35 tahun berkiprah di hutan dan pelosok Tanah Air, sudah lebih 100 spesies amfibi dan reptil yang berhasil ditemukan. Walaupun demikian, untuk mendeskripsikannya diperlukan pengetahuan yang lebih luas dan hingga kini baru 25 spesies yang dipertelakkan," katanya saat memberikan pidato ilmiah berjudul Studi Integratif Mengenai Evolusi Keanekaragaman Hayati Indonesia pada acara Dies Natalis Ke-54 ITB di Aula Barat ITB Jalan Ganeca, Sabtu (2/3).

Menurutnya, kemajuan informasi geologis untuk kawasan Indonesia sungguh drastis dan memaksa untuk menguji hipotesis geologis dengan menggunakan data keanekaragaman hayati dalam mengungkapkan bagaimana dinamika populasi dan persebaran organisme tersebut pada masa lalu. 

"Penemuan spesies baru dalam sains diperlukan sebagai kontribusi besar dalam ilmu pengetahuan, pendekatan terintegratif menjadi pilihan utama yang kami kerjakan. Sejumlah spesies atau marga yang mempunyai persebaran luas menjadi objek penelitian yang utama," katanya.(*)

Penulis : tif
Editor : rie


Sumber: jabar.tribunnews.com

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP