powered by Google

Soemantri TechnoExecutive, ArtPreuner, SoftwareWriter and EduResearch

Sabtu, 26 November 2011

Fyi DR. Wenten adalah juga penulis section Filtration untuk Perry's Chemical Engineering Handbook yang jadi pegangan standard bagi semua Chemical Engineers, dosen dan mahasiwa Chemical Engineering seluruh dunia.

Selain itu ada lagi alumni TK76 yg namanya DR Soemantri Widagdo yang juga tulisannya tentang :"Fractional Distillation" juga masuk dalam Perry's Chemical Engineering Handbook tapi tidak tercover di buku Kabeg76.


 

DR Soemantri sobat saya ini hebat banget dan sangat plit-komplit. Hampir 30 tahun tinggal di Amrik. Sebagai dosen di beberapa universitas di US, sebagai penulis program beberapa software Process Simulation seperti SIMSCI, Aspen Tech yang menjadi standard software nya Chemical Engineers seluruh dunia. Beberapa software yang pernah dia tulis diantaranya adalah Reactor Design and Distillation.

Selain itu Soemantri juga sebagai penulis textbook pertama tentang "Product and ProcessDesign Principles" yang merupakan bagaimana untuk membentuk trend Product sebagai market driver. Artikel2 tentang Product trend setter untuk Chemical Product ada beberapa tapi untuk textbook, bukunya Soemantri adalah yang pertama didunia.

Waktu mahasiswa beliau sangat pintar adalah pramuka dan pendidik sejati, karena telah banyak menyelamatkan kawan2nya seangkatan maupun kakak2 dan adik2 kelasnya, karena pandai menerangkan hal yg complex jadi sederhana.

Saat ini jadi konsultant Chemical Engineering Education di TK-UI, dan dalam kondisi kritis dimana TK-ITB memproses certifikasi ABETTnya saudara Soemantri di minta untuk membantu sebagai konsultant di TK-ITB.

Dengar2 malah beliau sedang diminta ABETT untuk jadi salah satu Aksesornya untuk Asia Pasifik. Tapi kayaknya deal belum closed.

Itu tadi sebagai dosen, ilmuwan, researrcher dan pendidik.
Ternyata secara profesi beliau saat ini juga jadi Executive di Multi International Corporation.
Soemantri saat ini jadi CTO (Chief Technology Officernya) 3M dan juga membawahi seluruh researchnya 3M di Asia Tenggara, balik dan menetap di Indonesia (sempat beberapa tahun di Singapura). Pengalaman sebagai Researcher di 3 M tsb yang membuat Soemantri bisa menulis Textbook tentang Product Design.

Yang cukup unik Soemantri malah masuk kategori "ArtPreuner" instead of TechnoPreuner, karena dia collector dan jual beli lukisan2 World Top 100. Selain itu Soemantri juga sebagai pengelola Museumnya Raja Ubud, Bali dalam rangka untuk menjadi World Class Museum. Soemantri pernah sekolah tentang museum di University Minnesota.

Last but not least, Soemantri juga sebagai member di milis ini or Senyum ITB? beberapa kali sempat nongol. Kalo ada yg incorrect CMIIW.........


Salam TechnoArt,
monnyTK76


-----------------------------




Victoria harbour of Hongkong

Owned by Mr. Soemantri Widagdo in USA (His Private Collection) 
This watercolor is open to the public his kindness 

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP