powered by Google

Sejarah Roland Garros dalam Museum

Minggu, 07 Juni 2015



Rafael Nadal dengan pakaian resmi usai menjuarai Perancis Terbuka

PARIS, KOMPAS.com - Pengunjung yang datang ke Roland Garros tentunya bermaksud menonton pertandingan tenis. Namun sebenarnya banyak hal lain yang menarik untuk dinikmati di  stadion Perancis Terbuka selama turnamen berlangsung, antara lain museumnya.
Mengapa museum itu layak dikunjungi? Karena di sinilah kita bisa melihat sejarah Roland Garros. Bagaimana stadion yang dibangun tahun 1927 ini mulai berdiri, mengapa nama Roland Garros dipakai dan siapakah Roland Garros itu.
Banyak orang mengira Roland Garros adalah nama seorang petenis. Salah! Roland Garros adalah seorang pilot tempur yang meninggal dalam Perang Dunia pertama tahun 1918. Bahkan stadion yang awalnya hanya terdiri dari satu lapangan itu saja (kini menjadi 24 lapangan) di tahun 1940 pernah menjadi tempat tentara Nazi Jerman bersembunyi.
Museum yang bernama Tenniseum ini sayangnya sejak tahun lalu tidak lagi gratis. Alasannya aneh. Menurut mereka, dulu saat gratis jarang sekali orang datang mengunjunginya. Lalu mereka mencoba merubah taktik dengan memungut biaya masuk sebesar 4 euros. Hasilnya sukses, karena membayar pengunjung justru penasaran dan ingin masuk.
Sejarah lengkap yang berhubungan dengan tenis dan Roland Garros bisa kita dapatkan di sana. Bukan hanya sejarah stadion lapangan merah yang berada di timur Paris ini, tapi juga sejarah para pemain tenis dan pameran yang berkaitan dengan Roland Garros, misalnya mengenai perabotan di stadion itu.
Berbagai jenis raket dari jaman awal olah raga tenis muncul hingga raket yang digunakan saat ini juga dipajang. Logo tahunan Roland Garros, dan siapa saja artis yang dipilih setiap tahun di pamerkan bagai lukisan dalam sebuah pameran seni. Salah satu barang unik lain adalah bangku besi wasit yang dipakai di awal turnamen.
Ada pula satu ruangan di mana foto-foto raksasa dipajang. Bisa ditebak tentunya foto-foto yang dipamerkan itu adalah foto para pemain tenis. Tapi jangan salah, bukan foto mereka sedang bermain tenis melainkan mereka dalam pose bak seorang foto model.
Yang wanita terlihat begitu cantik dan seksi sementara yang pria menjadi begitu tampan... Saya sampai kaget melihat salah satu petenis yang biasanya terlihat garang di tanah merah menjadi begitu lembut di foto. Siapa lagi kalau bukan Rafael Nadal!

Maria Sharapova menjuarai Perancis Terbuka


0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP