powered by Google

Faktor Pemenang Ridwan Kamil di Pilkada Bandung

Jumat, 09 Agustus 2013


Faktor Pemenang Ridwan Kamil di Pilkada Bandung

SENIN, 24 JUNI 2013 | 05:28 WIB


Faktor Pemenang Ridwan Kamil di Pilkada Bandung
Calon Walikota Bandung Ridwan Kamil (kiri) dan calon wakil walikota Oded M Danial. TEMPO/Prima Mulia

TEMPO.CO Jakarta:Pasangan Ridwan Kamil-Oded Muhammad Danial menang di 6 zona pemilihan Wali Kota Bandung dan wakilnya. Dari hasil hitung cepat (quick count) Jaringan Suara Indonesia (JSI), di semua zona pasangan nomor 4 itu meraih suara antara 43-50 persen. 
"Pengenalan publik Ridwan Kamil begitu masif," ujar Wakil Direktur Eksekutif JSI Fajar S. Tamin, Ahad, 23 Juni 2013.


Dari riset JSI, menurut Fajar, pasangan Ridwan Kamil-Oded M. Danial tiga bulan lalu belum banyak dikenal warga Bandung seperti Wakil Walikota Ayi Vivananda yang juga maju sebagai calon. Lewat sosialisasi dengan dukungan banyak relawan, kata Fajar, keterkenalan Ridwan-Oded bisa melesat. "Dampak lewat Twitter juga berpengaruh, apalagi penggunanya di Bandung terbanyak nomor 4 di dunia," ujarnya.

Selain itu, sosialisasi pasangan usungan PKS dan Gerindra tersebut dinilai aktraktif lewat tayangan video. Model kampanye seperti itu, kata Fajar, tidak banyak dilakukan calon secara gencar. "Ditambah banyak tokoh nasional yang mendukung seperti Jusuf Kalla, Anis Baswedan," ujarnya.

Faktor lain penyokong kemenangannya yaitu munculnya kasus di Komisi Pemberantasan Korupsi yang melibatkan birokrat dan calon lain. Adapun latar partai pengusung Ridwan-Oded yaitu PKS yang juga santer dengan pemberitaan korupsi, kata Fajar, tertutupi dengan sosok calon. "Terlihat faktor partai tidak terlalu berpengaruh pada pemilihan eksekutif daerah," ujarnya.

Namun begitu, dari hasil hitung cepat JSI, terlihat tingkat partisipasi publik hanya berkisar 60 persen dari total calon pemilih sebanyak 1,6 juta orang.

Sumber: tempo.co


Baca juga:
- Ucapan Terima Kasih dari Ridwan Kamil
- Mohon restu: Ridwan Kamil AR'90 ikut pemilihan Walikota Bandung 2013 - 2018

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP