powered by Google

Usulan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia

Rabu, 17 Oktober 2012

From: handy purnama 

Date: Wed, 17 Oct 2012 14:46:39 -0700 (PDT)
Subject: Re: [sinergi-ia-itb] [Senyum-ITB] Fenomena Finlandia





Dengan uraian Fenomena Finlandia, dan menggugat UN Memperbaiki kualitas pendidikan, maka mana yang paling memungkinkan di lakukan di Indonesia ?, banyak hal yang tidak sama kondisinya antara Indonesia dan Finlandia, menurut saya yang paling menonjol adalah keberagaman di Indonesia. Seperti yang disampaikan Pak Subakat " Kita sedang cari jalan bagaimana dengan tenaga yang ada, memperbaiki, untuk sedikit demi sedikit naik kesana"

Kalau di Industri dikenal dengan Bapak angkat dan anak angkat, maka menurut saya bisa saja dipertimbangkan di adopsi dalam dunia pendidikan. katakanlah ITB memiliki anak angkat sekolah A, B dan C. Maka dengan kaspasitas ITB (kualitas dosen, mahasiswa, dan kampus), akan memiliki dampak signifikan bila digunakan untuk level pendidikan di bawahnya. seperti  guru di Finland diambil top 10 dari Master Degree, berarti dari segi “bahan dasar” setara dengan alumni ITB.

Salam
Handy FT'85




From: Alma Gawei
Sent: Wednesday, October 17, 2012 9:09 PM
Subject: Re: [sinergi-ia-itb] [Senyum-ITB] Fenomena Finlandia


Karena memang kebahagiaan tidak bisa diukur dengan materi saja...tapi semoga ini tidak menjadi excuse untuk kelambanan dalam pemerataan pembangunan.

Untuk pendidikan Finlandia sepertinya tidak terlepas dari sosial budaya masyarakat Finlandia itu sendiri, yang salah satunya dari dulu mereka senang dan punya budaya membaca dan menulis, dan menempatkan equality di atas excellence.

Selain itu investasi di bidang riset juga tinggi untuk tahun 2012 = 2,01 milyar euro (Rp. 25 triliun lebih) atau setara 1% dari GDP atau 4% dari belanja pemerintah (oerall goverment spending exclusive of debt servicing)

Studi Jerman untuk kemungkinan meniru sistem pendidikan Finlandia
http://www.kas.de/wf/doc/kas_23322-544-2-30.pdf?110707143304



salam
alma

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP