powered by Google

Yu Sing: Mengupayakan Arsitektur untuk Semua

Jumat, 12 Oktober 2012

Yu Sing: Mengupayakan Arsitektur untuk Semua





Uploaded by  on Dec 16, 2011
For english subtitle, press the video player "CC" button. Karya-karya Yu Sing, prinsipal studio arsitek Akanoma, arsitek muda berbakat asal Bandung mulai eksplisit menunjukkan peran-sosial arsitek. Semuanya diawali pertanyaan pemuda Yu Sing pada masa awal pendidikannya di ITB: untuk apa hidup manusia? Tampaknya, inilah titik awal praksisnya setelah tamat pada tahun 1999. Yu Sing --dalam kalimatnya—menyebarkan tiga "virus pemikiran arsitektur".

Satu, "Mengupayakan rumah murah". Dua, "mengkinikan Arsitektur Nusantara"; dalam hal ini, Mengkinikan Arsitektur Nusantara bisa dimulai dari:
• yang paling kasat-mata seperti ciri morfologinya
• konsep-konsep arsitektural dan tradisi-tradisi lokalnya,
• atau,diwujudkan dari filosofinya; misalnya, nilai kegotong-royongan atau ekologi yang melatar-belakangi eksistensinya. Tiga, "Mengupayakan kampung kota lestari". Kampung, bagi Yu Sing merupakan suatu kepastian kota-kota di Indonesia. Mengapa ia berpandangan demikian?

Ikuti video ini, yang merupakan rangkuman Seri #6 dari Workshop dan Kuliah Tamu Arsitektur Nusantara Kontemporer di Universitas Brawijaya, Malang.

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP