powered by Google

Daftar jadi kontributor Portal Senyum-ITB

Minggu, 10 Juni 2012

From: "Fazri Gmail" <fazri74@gmail.com>
Date: Wed, 6 Jun 2012 08:32:43 +0700
ReplyTo: <fazri74@gmail.com>
Subject: Daftar jadi kontributor blog

Dear Moderator Senyum ITB

Perkenalkan, saya Fazri Romadhona, Fisika 93.
Saya tertarik untuk menjadi kontributor blog Senyum ITB.
Berikut saya kirimkan contoh tulisan yang saya buat.

Salam,
Fazri Romadhona

INOSIS, Training & Web Application
Email: info(at)inosispro.com
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Innovation is the creation of the new, or the re-arranging of the old in a new way


Contoh Tulisan:

BISINIS MODEL SAYA ‘RAHASIA’

Saya adalah orang yang suka ngobrol tentang bisnis model, dengan banyak orang, banyak profesi, dan banyak perusahaan. Kenapa? Karena hal tersebut seperti misteri. Rezeki adalah hal yang misteri, sehingga bisnis model (katakan: jalan mendapatkan uang dari suatu bisnis) adalah misteri juga. Misalnya bisnis-bisnis di Internet (mungkin lebih dari 100-jenis), training provider, manajemen villa, sales mobil, labour-supply, outsourcing, trasportasi, dll. Para owner bisnis ini rata-rata sangat antusias bercerita tentang bisnis mereka, bagaimana proses membangunnya, apa hambatannya, omzet, profit, dll.

Banyak orang mungkin sudah merasa tahu tentang bisnis itu, padahal bagaimana cara mereka mendapatkan uang kadang tidak seperti yang dibayangkan. Ambil contoh, sales mobil yang ada di Mall-Mall. Dari mana mereka mendapatkan uang? Tentu bukan hanya dari fee penjualan mobilnya yang mungkin hanya 500-ribu dari setiap mobil yang terjual. Mereka mendapatkan uang dari menawarkan asesoris mobil yang ditukar dengan potongan harga mobil baru. Dari plat nomor saja, mereka bisa mendapat 2-5jt rupiah. Belum asesoris lain.  Selain itu, mereka juga biasanya menawarkan pemilik mobil lama untuk tukar-tambah dengan mobil baru. Selain mendorong jumlah pembelian, disini ada margin yang bisa diambil. Mobil lama tersebut kemudian dijual/diambil oleh tempat jual-beli mobil bekas. Tentu saja sales mobil ini akan menurunkan harga tawar ke pemilik mobil lama untuk mendapatkan selisih. Lagi-lagi sekitar 2-5juta. Anda bisa terkejut juga jika tahu berapa target penjualan mobil mereka.

Itulah bisnis, banyak hal 'rahasia' bagaimana proses uang/profit didapatkan. Bahkan saya sering tidak bisa percaya, bahwa sebuah bisnis yang 'kecil' saja, modelnya rumahan, dengan karyawan 3-5 orang, ber-omzet ratusan juta per bulan. Percayakah anda bahwa omzet kripik Ma Icih aja mencapai 4M sebulan?

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP