powered by Google

Desain Mobil Listrik

Sabtu, 17 Maret 2012

Saat ini selain mobil hybrid dengan baterai fuel cell, Mobil Listrik adalah salah satu jenis kendaraan yang teknologinya dapat menjadi solusi dalam menekan jumlah pemakain minyak bumi dan polusi lingkungan yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor. Oleh karena itu maka tujuan dari pembuatan mobil listrik dengan sistem penggerak yang lebih sederhana, kompak dan efesiaen. Dalam pembuatan mobil listrik ini komponen dirancang khusus, dimodifikasi dan disatukan. Sehingga sistem penggerak mobil listrik terdiri dari sistem energi, sistem kendali, sistem pengaturan posisi maju dan posisi mundur.


Sistem energi terdiri dari sistem charging dan tempat penyimpanan energi. Dengan penempelan alat pengisian energi atau sistem charging di mobil, pengisian energi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sistem Kendali menggunakan saklar pembaatas yang berhububungan dengan pedal pegas dan rem. Sistem ini dihubungkan dengan kendali Kecepatan agar dapat mengatur kecepatan mobil, sehingga mobil bisa beroperasi dengan baik dan lebih aman.

Pada dasarnya mobil listrik adlah mobil yang rodanya hanya dapat berputar apabila diberi arus listrik baik itu arus bolak balik (AC) maupun arus listrik searah (DC) tergantung jenis motornya. Karena mobil akan bergerak dengan jarak yang jauh meninggalkan sumber listriknya maka dibutuhkan alat penyimpanan energi yang sebagian basar menggunakan baterai atau Accu, maka tak salah bila sebagain orang menyebutnya mobil baterai. Motor listrik yang digunakan pada mobil listrik jenisnya sangat berfariasi ada yang menggunakan motor DC Brushed, DC Brushless, 3 fasa Induksi Motor, AC permanent magnet motor serta modifikasi dalam hal pengaturan teganan, arus,daya , torsi, bentuk mekanis serta desain dan perancangan menuju peningkatan efisiensi.

Demikian pula halnya dengan baterai, tipe baetarai yang digunakan adlah lead-acid, aluminium-air, Lithium-polymer, Lithium-Iron Disulfide, Nickel-Cadmium, Nikel-Iron dengan tingkat kerapatan energi, keraptan daya , life cycle, efisiensi energi yang bervariasi


Pada umunya sistem penggerak mobil listrik selain hybrid dan fuel cell secara garis besar memiliki layout seperti gambar 1




Pada gambar diperlihaatkan secara blok diagram dan sekaligus menjelaskan hubungan secara pengkabelan dari masing masing bbagian perlatan yang digunakan pada sistem penggerak mobil listrik dengan penjelasan sebagai berikut :


Sumber: inspirasiduniakita.blogspot.com

2 comments:

halohia 4 November 2019 pukul 05.55  

bagus sekali ya min artikel ini , saya sangat terbantu oleh artikel yang bagus ini dan menambah wawasan saya , saya berharap anda bisa terus berkarya untuk anak banga , dan pastinya saya mendoakan yang terbaik untuk anda sukses selalu dan sehat selalu
bandarq terpercaya
agen domino teraman dan terpercaya
jika ada salah saya dalam pengetikan saye meminta maaf,salam hormat terdalam saya, terima kasih

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP