powered by Google

Kunjungan Industri ke JFE (Pabrik baja di Jepang)

Senin, 20 Juni 2011

From: HENDI WISMA
Sent: Tuesday, June 21, 2011 12:36 AM
Subject: [Senyum-ITB] Kunjungan Industri ke JFE (Pabrik baja di Jepang)


Konbanwa,

Ingin berbagi cerita pengalaman saya mengunjungi steel plant JFE di Kurashiki. JFE (Japan Future Enterprise) adalah pabrik baja terbesar kedua setelah Nippon Steel di yg memiliki steel plant di beberapa lokasi di Jepang. Pabrik yg saya (dan rekan2 kerja) kunjungi waktu itu adalah pabrik JFE yg berada di kota Kurashiki, Propinsi Okayama (West Japan Works). Selain di Kurashiki, pabrik JFE di bagian barat Jepang juga terdapat di Fukuyama. Sedangkan pabriknya bagian timur terdapat di dekat Tokyo, yaitu di Chiba dan di Keihin. Di tengah-tengahnya antara timur dan barat, ada di Chita, dekat Nagoya yg khusus memproduksi steel pipes dan tubes.

Sebelum mengawali masuk ke dalam pabriknya, kami diberi penjelasan dulu tentang pabrik tsb, kmd diminta mengenakan helm sebelum masuk ke dalam pabrik. Di dekat ruang pengarahan, terdapat semacam museum mini yg memajang salah satunya miniatur kapal tanker. Dari plant yg satu ke plant lain harus naik kendaraan (bus) dan di dalam kawasan pabrik dilarang mengambil foto (foto di bwh diambil dari famlet).

Ada beberapa plant yg kami kunjungi waktu itu, salah satunya tempat pengecoran logam (Gambar 2). Bus berhenti di semacam halte yg memang sengaja diperuntukkan untuk tamu yg berkunjung, kemudian menyusuri lorong dan sampailah di depan furnace. Beruntung waktu itu timingnya pas sesaat sebelum menuangkan baja cair ke dalam steel furnace. Melihat langsung dari balik kaca di dalam ruang ber ac, panasnya masih terasa saat baja cair dituang yg mungkin bagi orang yg tidak berkecimpung di bidang perbajaan jarang melihat hal seperti ini.

Setiap tahun sekitar bulan Oktober, JFE Kurashiki mengadakan matsuri (festival) di area pabrik, yg dalam agendanya juga termasuk memberikan kunjungan ke dalam pabrik bagi pengunjung yg berminat. Teman saya juga bercerita, dulu ketika masih sekolah juga pernah berkunjung ke pabrik ini. Kunjungan industri ke pabrik baja ini sepertinya sering dilakukan oleh sekolah2 atau instansi2 setempat. Baru saja saya juga menemukan link bagi yg ingin mengadakan kunjungan industri pabrik JFE di Chiba.


Salam,

Hendi Wisma




0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP