powered by Google

Video: Melihat atom beneran, bukan model atom

Minggu, 20 Juli 2014


From: "Satria Zulkarnaen
Date: Sun, 20 Jul 2014 05:46:35 +0200
Subject: Re: [Senyum-ITB] "Mengintip" ke dalam Material. Re: 140720 Ramadhan 23



Mas Erik,

Nih ada video atom beneran dari IBM.

A Boy And His Atom: The World's Smallest Movie



Behind the scene nya di sini:

IBM Atomic Shorts: How to move an atom


Di situ atom-atomnya yang dipindahkan, atom per atom. To be precise, molekul per molekul. Karena satu titik di situ adalah molekul CO, lupa C-nya yang di atas (yang kita lihat/diprobe), atau O-nya yang di atas.  


Satria FI`02

--------------------------------

2014-07-20 4:47 GMT+02:00 'B. Antariksa (Erik), 99Bali International :


Kang Ramelan dan Rekan2,

Se umur2 saya belum pernah liat atom beneran, hanya liat model nya saja.
Ada kah foto atom beneran hasil "ngintip" ke dalam material ?
Trims.


Salam kompax
Erik


From: "ramelan@material.itb.ac.id
Date: Sun, 20 Jul 2014 02:17:13 +0000
Subject: Re: [Senyum-ITB] 140720 Ramadhan 23


Suatu tulisan yang merupakan rangkuman luar biasa Mas Saifuddien Sjaaf Maskoen‬. Kalau boleh tahu jurusan apa dan angkatannya ?

Menurut saya tulisan Sang Pengintip akan bermanfaat untuk yang ingin belajar dan memahami segala sesuatu terkait alam ini. Tulisan ini merupakan suatu rangkuman ilmiah terkait eksistensi Universe.

Kalau Telescope Hubble dan Voyager "mengintip" jauh keluar bumi, maka kebetulan kami sering "mengintip" kedalam benda atau material melihat sesuatu jauh ke dalam namun terbatas sampai ukuran nanometer menggunakan Scanning Electron Microscope yang ada di Lab Teknik Metalurgi dan Teknik Material FTMD ITB.
Setelah mengintip kedua sisi "keluar bumi" dan "kedalam" suatu benda baik langsung atau tidak langsung, membuat saya semakin bahwa semua kejadian di alam semesta ada aturannya. Apalagi merenung kebolehjadian bergabungnya elektron, netron dan proton )masih ada materi yg lebih kecil lagi, boson, quark, super string) akan menghasilkan unsur kimia yg berbeda-beda.

Lalu, pertanyaan BESAR bagi saya pribadi adalah; siapa yg memerintahkan ke tiganya untuk menyusun diri jadi H, Li, Na, K, Rb Cs, Fr, Be, Mg, Ca, Sr, Ba, Ra, C, Si, Se, Te, Po, He, Ne, Ar, Kr, Xe dll yang kita pelajari di SMA dan saat kuliah dulu.

Maha Agung Wahai Pencipta Jagat Raya ini, dimana seorang manusia hanya setitik "debu" di universe yg berisi ribuan Galaxies, namun seringkali HEBOH dan menghebohkan pada ukuran relatifnya bagaikn bagian dari suatu lukisan fractal persaman imaginer. Suhanalloh.

Mohon maaf atas keterbatasan nalar yang saya miliki.

Salam kompak selalu.


0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP