powered by Google

P/E Facebook dan P/E LinkedIn

Senin, 24 Maret 2014


From: Wahyu Adhi Prasetyo 
Date: Mon, 24 Mar 2014 21:08:58 +0700
Subject: Re: [EL-ITB] P/E Facebook dan Sewa Properti/Hotel

 
Halo Bang Erik dan Bang Iwan,

Kalau boleh saya ikut nimbrung obrolannya, kebetulan saya sedang membangun startup di bidang online advertising di Indonesia.

Kalau untuk valuasi tech startup ini memang agak unik, karena tidak seperti industri lain yang sudah cukup mature, industri tech startup ini saat ini sedang tumbuh (dan mungkin masih akan terus tumbuh karena tren teknologi selalu berubah-ubah) jadi valuasi suatu perusahaan bisa sangat subjektif. Namun pada umumnya valuasi startup sendiri biasanya diperhitungkan sesuai dengan tahapan startup itu sendiri.

Yang pertama adalah tahapan pre revenue, pada tahapan ini startup sudah mulai belum menghasilkan uang sama sekali/baru menghasilkan sedikit sekali untuk bisa diperhitungkan. Dalam startup financing, biasanya tahap ini adalah seed funding sampai series A, tp untuk beberapa bidang startup seperti biomedic/social media bisa sampai ke series B bahkan hingga G (contohnya twitter). Di tahap ini biasanya valuasi startup dihitung dari siapa saja pendirinya, seberapa besar pasar yang bisa diraih dan potensi keuntungannya, seberapa unik idenya, dan siapa saja kompetitornya. Untuk tahap ini ada beberapa metode yang bisa dipakai, cuma yang paling sering dipakai adalah VC Model.

Yang kedua adalah tahapan post revenue, di mana perusahaan sudah mulai memiliki penghasilan yang cukup signifikan, dan mulai mengembangkan pasarnya. Di tahapan ini karena perusahaan sudah mulai memiliki track record, bisa metode valuasi perusahaan pada umumnya sudah bisa digunakan, seperti discounted dividend, free cash flow, ataupun P/E multiples. Tp pada akhirnya tetap saja subjektifitas sangat berpengaruh karena bisnis2 ini berada di industri yang sedang tumbuh dengan pesat sehingga metode-metode itu tidak selalu bisa dijadikan patokan. Sebagai contoh di area social media, selain facebook yang P/E nya 100x, LinkedIn yang merupakan social media untuk professional, memiliki P/E 869.51x.


Warm regards,
Wahyu Adhi Prasetyo (EL-04)

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP