powered by Google

Membina inovasi produk olahan kelapa di Banten

Minggu, 17 Februari 2013


From: Apriliana Laily Fitri 
Date: Mon, 18 Feb 2013 07:50:43 +0700
Subject: RE: Bls: Bls: [Senyum-ITB] sosialisasi PRODUKSI PANGAN BERKUALITAS minyak kelapa agar kembali ke ranah pangan




Selamat pagi,

saya ingin sharing dan mungkin bisa mendapatkan bantuan. Sudah 2 tahun ini saya dan teman-teman membentuk wilayah binaan di daerah Banten tepatnya di Cibaliung dan sekitarnya untuk membina masyarakat penghasil kelapa. Mereka hanya menjual kelapa glundungan ke jakarta dan sekitarnya melalui pengumpul. Sudah 2 tahun ini kami mengajarkan bagaimana mengolah kelapa dengan berbagai hasil (briket batok kelapa, minyak kelapa/VCO, nata de coco, kue kering dari tepung kelapa dll). kami juga memberikan beberapa peralatan bagi mereka yang ingin mengembangkan industri tersebut. 

Alhamdulillah sudah ada yang memproduksi meskipun untuk pasar kami masih belum bisa berbuat banyak dan hal ini merupakan kendala bagi kami. Sementara masyarakat sudah terinspirasi untuk mengembangkan produk kelapanya tidak ingin lagi dijual ke pengumpul karena sudah merasa ekonomi mereka akan bertambah jika hasil tersebut dijual dalam bentuk lain.
Perlu disampaikan bahwa daerah tersebut termasuk daerah yang kurang berkembang ekonominya dan belum tersentuh oleh program dari Provinsi Banten. Oleh karena itu mungkin bagi Bapak-bapak/ibu-ibu yang mungkin mempunyai link untuk pasar produk ini dapat membantu masyarakat tersebut dalam memasarkan hasilnya.

Kami menunggu respon dan diucapkan terima kasih atas waktu dan perhatiannya.


in harmonia progresio.
alf, Bio'80

2 comments:

IA-ITB 17 Februari 2013 pukul 20.05  

Nah.. Ada supply kelapa yang di koordinir oleh mbak aprilliana kelihatannya termasuk yang memberikan binaan contoh2 inovasi produk dari bahan mentah kelapa yang diharapkan bs memberikan nilai tambah bagi si produk jadi. Ada juga inovasi produk yg disampaikan oleh pak khay oem.. Apapun jenis inovasinya kan butuh bahan mentah. Wah kalau beraliansi antara penggagas dan pembina pengolahan kelapa ini alangkah cantiknya.

Cibaliung.. Daerahnya indah.. Penduduknya sakti karena bisa jadi nelayan sekaligus petani. Sebetulnya kaya sumber alam, karena bersatunya sentra pertanian dan kelautan bahkan peternakan. suka ke warungnya bu entin mbak ?? Yang terkenal dng cumi bakarnya.. Yummiii :):).
Semoga sukses mbak aprilliana. Awa maret saya inshaAllah jalan ke citeureup, siapa tahu bs copy darat.



Salam
Yayuk Arifin 76

IA-ITB 17 Februari 2013 pukul 20.08  

From: Apriliana Laily Fitri
Date: Mon, 18 Feb 2013 08:31:28 +0700



Betul mbak, saya sekarang memang perlu sekali pasar untuk produk mereka mumpung masyarakatnya sudah semangat 45 maju tak gentar nih he..he....
tentu dong siapa yang ke daerah pandeglang klo nggak mampir ke bu entin ya rugi tho mbak.
Monggo, kalau mau copy darat nanti diatur mbak.

salam,
alf, Bio'80

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP