powered by Google

Saifuddien Sjaaf TK'64: Momen Pencerahan sebagai Inspirasi Penemuan

Senin, 07 Januari 2013


Date: Mon, 7 Jan 2013 23:50:35
To: <Senyum-ITB@yahoogroups.com>
Subject: Re: [Senyum-ITB] Inspirasi bisikan: Teknik memutar Sosrobahu di Philipina



Rekan alumni yang saya hormati,

Hal-hal seperti Sosrobahu dan lain+lain penemuan sejenisnya itu, yang dimulai daru suatu A Ha Moment, menurut yang pernah tertulis di salah satu artikel Sloan's Management Review dari MIT, tidaklah datang tiba-tiba. Tetapi dimulai dari orang yang sedang memikirkan sesuatu berdasarkan ilmu yang kuasainya, dan belum menemukan jawaban.

A Ha Moment, merupakan suatu enlighment yang diperolehnya, bisa ketika tidur berupa mimpi, atau mengalami sesuatu, yang kemudian akan mengarahkan proses selanjutnya dalam problem solving tersebut.

Proses yang mengikutinyan bisa berupa trial and error, deduksi atas sesuatu, atau pembuktian berdasar rumusan2 dll untuk memperoleh penyelesaian atas problem yg sedang mereka fikirkan.

Seperti Kekule yang menemukan rumus bangun benzena, C6H6, konon sedang memikirkan bagaimana atom karbon yang bervalensi 4 dapat mengikat atom hidromen yang bervalensi 1, dalam jumlah yang sama. Setelah mimpi, dia kemudian mengutak atik lagi, dan ketemu melingkar, karena selama itu yang terbayang oleh semua ilmuwan, rantainya lurus.

Ada yg skala penemuannya besar dan bersifat breaktrough, tetapi mungkin lebih banyak lagi yang bersifat kecil2an atau sekedar improvement.

Wa Allahu a'lam



Salam
Saifuddien Sjaaf/TK-64


Baca juga:
- Video: Teknik memutar Sosrobahu di Philipina

----------------------------------------------





Disproving the Kekule Structure for Benzene



Keterangan video:

Here we examine physical evidence that shows the Kekule structure to be wrong.
Error: On the last slide, at the very bottom, you will notice that C6H6 (benzene) is entered where it should be C6H12 (cyclohexane).
While the Kekule structure proposed both C-C and C=C bonds, only one length of carbon-carbon bond was found (using x-ray crystallography). This is intermediate in length, between a single and double bond.
Therchemistry also yields evidence. The enthalpy of hydrogenation of benzene turns out to be considerably less exothermic than would be expected on the basis of the Kekule structure.

Frank Scullion
Production and Recording: Frank Scullion

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP