powered by Google

Khadijah FA07 mengajak mengembangkan Ilmu dan Teknologi melalui RCDC

Selasa, 25 September 2012


RCDC: "Kolaborasi untuk mewujudkan Indonesia Mandiri"





From: Khadijah
Date: Tue, 25 Sep 2012 23:01:32 +0100 (BST)
Subject: [Senyum-ITB] RCDC-Jabar

 



Boleh banget, :)

Kegiatan RCDC merupakan kegiatan community development, RCDC merupakan produk dari MITI-M [masyarakat Ilmuan dan Teknologi Indonesia]-Mahasiswa yang diamanahkan kepada para mahasiswa yang dipercaya mampu untuk melaksanakan proyek ini [adanya pemberian SK].

Berikut Latar Belakang RCDC ini :

 RCDC
MITI-Mahasiswa merupakan salah satu inspirator terkemuka dalam pembangunan iptek di kalangan pemuda Indonesia. MITI-Mahasiswa menjadi organisasi pemuda berbasis iptek di Indonesia mempunyai peranan vital dalam menstimulus, menginisiasi kreativitas, membina generasi muda berbasis iptek, menyelaraskan antar elemen keilmuan nasional, dan menjadi pelopor gerakan penguatan iptek di kalangan pemuda untuk turut serta mendorong percepatan pembangunan nasional.
MITI-Mahasiswa menyadari dan melihat bahwa pemuda dan mahasiswa mempunyai karakter kuat sehingga dapat digunakan sebagai energi penggerak pembangunan. Menurut MITI-Mahasiswa, pemuda dan mahasiswa memiliki idealisme, semangat tinggi, dan mampu berpikir bebas. Bila tiga karakter tersebut digunakan untuk menemukan persoalan nyata, melandasi aktivitas, inovasi, dan kreativitas, niscaya peran pemuda dan mahasiswa akan menjadi lebih nyata dan bermakna. Peranan penting pemuda tersebut perlu dibingkai dalam sebuah aktivitas yang lebih intens dan fokus pada disiplin ilmu yang ditekuni dengan tetap memperhatikan permasalahan yang timbul serta kebutuhan nyata masyarakat. Disini MITI-Mahasiswa hadir untuk menjembatani problem intermediasi teknologi antara penghasil teknologi dan pengguna teknologi dalam hal ini masyarakat.
Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut, maka MITI-Mahasiswa membentuk sebuah unit kerja khusus yang bernama Research and Community Development Center atau disingkat RCDC yang mulai dirintis oleh pengurus Departemen Riset dan Comdev MITI-Mahasiswa di Yogyakarta pada akhir tahun 2010. Dan akhirnya disahkan sebagai unit kerja khusus kerjasama antara Departemen Riset Interdisipliner (RI) dan Pendayagunaan Iptek (PI) MITI-Mahasiswa pada saat raker MITI-Mahasiswa di Bandung awal tahun 2011. Potensi mahasiswa sebagai bagian dari kaum akademisi harus dimanfaatkan perannya untuk kesejahteraan masyarakat. Potensi mahasiswa khususnya dalam bidang riset merupakan kombinasi yang menjanjikan bagi pengembangan iptek dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Dibentuknya RCDC bertujuan untuk memberikan arahan kepada mahasiswa agar dapat berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat dalam bentuk aplikasi riset teknologi tepat guna di masyarakat. Pencapaian tujuan tersebut dilakukan secara bertahap dimulai dari menumbuhkan kecintaan terhadap riset di kalangan mahasiswa, menumbuhkan kesamaan cara pandang tentang riset dan aplikasi riset, inovasi riset yang terarah, dan komunikasi yang intens antara para periset mahasiswa (dalam bentuk diskusi kluster riset) hingga pada aplikasi hasil riset di masyarakat (dalam bentuk community develompement).
RCDC diharapkan dapat menjadi wadah untuk mengaplikasikan kegiatan comdev berbasis riset mahasiswa di masyarakat. Kegiatan tersebut dimulai dari perintisan dan pembentukan kluster riset mahasiswa. Selanjutnya kluster riset ini diarahkan dan dibimbing untuk melakukanresearch by need, yakni riset yang dilakukan berdasar pada kebutuhan masyarakat, untuk menjawab problem masyarakat dan mengotimalkan potensi lokal di suatu wilayah dimana kluster riset itu berada. Hasil riset lebih lanjut diaplikasikan dalam sebuah kegiatancommunity development yang terorganisir di bawah monitoring dan evaluasi RCDC MITI-Mahasiswa.
Tugas dan peran RCDC di wilayah adalah mengakselerasi kampus dalam mengembangkan kultur riset di kampus mitra MITI-Mahasiswa, membentuk dan mengelola kluster-kluster riset mahasiswa dan menjembatani aplikasikan hasil-hasil riset mahasiswa di masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dilakukan beberapa kegiatan yakni: workshop riset, training riset dan community development, pembentukan dan pendampingan kluster riset, inisiasi desa inovasi, serta menjembatani berbagai pihak (periset dan penyedia dana) dalam aplikasi comdev berbasis riset mahasiswa di masyarakat.


Nah Bagaimana dengan RCDC-Jabar [Jawa Barat]
Alhamdulillah, RCDC-Jabar dengan melakukan kolaborasi universitas [ITB, UPI, dan Unpad] dapat melakukan upaya pembentukan desa inovasi mandiri [lokasi target comdev: Desa Cikahuripan Lembang].
Pilar pembangunannya : Bidang Pendidikan. kesehatan, Ekonomi, dan Lingkungan.

Modal pertama kali yang diberi oleh Menristek untuk pelaksanaan program ini sebesar = 70 jt.
Dengan berbagai prestasi dan capaian yang diraih selama 5 bulan pelaksanaa program [di lapangan], RCDC mampu mengembangkan asetnya hingga > 750 jt, sumbernya bisa dari hibah perusahaan, kementrian, dan hasil usaha yang dilakukan oleh RCDC bersama masyarakat.

Unutk melihat hasil kegiatan RCDC selama ini dapat berkunjung ke : http://rcdcjabar.tumblr.com/
[web RCDC masih dalam proses pembuatan, semoga dalam waktu dekat bisa di-Launch]

Saya mengharapkan doa, dan dorongan/dukungan dari semua alumni yang tergabung dalam milis ini, agar RCDC tidak hanya untuk Jabar tetapi bisa untuk Seluruh Indonesia.
 
Slogan RCDC: "Kolaborasi untuk mweujudkan Indonesia Mandiri"

"Dari Mahasiswa untuk Indonesia" :D


wassalam,

Khadijah, FA'07

--
~Indahnya saling berbagi dalam kebaikan~



From: arthur silalahi
To: Senyum-ITB@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 26 September 2012, 2:29
Subject: Re: [Senyum-ITB] Re: Lumbung Rasa

 
mba khadijah :)
boleh dong di share kegiatan yg dilakukan di RCDC itu.
maklum masih awam hehehe

terima kasih dan salam,
arthur.m99

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP