powered by Google

Sinergi Alumni Luar Negeri

Minggu, 10 Juni 2012

From: Hendra Messa 
Date: Sun, 10 Jun 2012 16:40:14 +0800 (SGT)
Subject: [Senyum-ITB] sinergi alumni luar negeri ( lesson learn from offset contract Boeing & oil consession in Kazahstan)



 
rekan2 sekalian,
Senang juga mendengar kabar berita, bahwa perusahaan2 Indonesia bisa mendapatkan kontrak & konsesi di luar negeri . Salut atas usaha keras berbagai pihak yg berhasil
Mewujudkan hal tersebut. Dari amerika kita dapat kabar, para praktisi penerbangan & diplomat Indonesia disana, bisa mendapatkan kontrak offset pengadaan spare part pesawat dari
Perusahaan pesawat Boeing. Dari Kazaksthan kita dapat kabar , Pertamina mendapatkan konsesi ladang minyak di sana.
Menarik juga mengamati usaha keras rekan2 alumni di PT DI baik yg di Indonesia maupun di luar negeri, untuk mengembangkan persh kebanggaan tsb. Bisa jadi sebuah cerita pelajaran yg berharga.
Saya kurang tahu detail bagaimana prosesnya dan siapa saja yg terlibat dalam usaha tersebut, namun usaha tersebut patut kita acungi jempol dan bisa jadi pelajaran berharga bagi yg lain nya.
Mungkin ada yg tahu siapa2 saja yg terlibat, saya kira ada juga alumni ITB yg terlibat disana, alangkah baiknya ada yg menulis ttg hal tsb, agar bisa jadi bahan pelajaran ( lesson learn) , khususnya bagi para alumni di berbagai negara lain nya, yg potensial melakukan usaha serupa, walau dalam bentuk yg lain. Mas Susilo Cahyono dari Qatar, dari dept luar negeri ITB , yg sedang membuat buku kumpulan tulisan  alumni ITB dari berbagai negeri , “Menghimpun yg terserak untuk Indonesia yang lebih baik” ,  bisa pula memasukkan tulisan mengenai hal tsb ( offset order dari Boeing &  usaha pertamina mendapatkan ladang minyak di Kazakhstan dan berbagai usaha lainnya ) dalam buku tsb, yg saya kira banyak alumni ITB yg berperan juga.
Sebagai cerita tambahan, teman2 alumni ITB di UAE, sedang mengembangkan berbagai ide pula untuk mengembangkan potensi kompetensi Indonesia di negeri timur tengah ini. Saya dengar teman2 dari IATMI UAE ( Ikatan ahli teknik perminyakan Indonesia di UAE) yg sebagian besar anggotanya alumni ITB juga, berusaha membantu menghubungkan pertamina dg persh minyak UAE, antara lain untuk menggarap peluang kerjasama di negeri ini. Just info beberapa ladang minyak UAE, kontrak jangka panjangnya akan habis thn 2012, terbuka peluang utk persh minyak dari berbagai Negara untuk berpartisipasi juga dalam kerjasama tsb, termasuk peluang bagi Pertamina, memang bukan hal yg mudah bersaing dg persh minyak dunia, tapi tak salah utk dicoba. Karena ada kecenderungan yg bagus  saat ini, Negara bersangkutan mulai melirik ke arah timur ( persh Negara2 Asia ). Seperti persh minyak Korea yg mendapatkan beberapa konsesi lahan minyak disini, padahal kita tahu persh tsb masih relative baru dibanding persh2 minyak kelas dunia dari negeri2 barat. Dalam ladang di Kazakhstan Pertamina kerjasama juga dg persh korea tsb, jadi ada peluang juga utk berkiprah di negeri timur tengah ini.  Teman2 alumni di IATMI UAE, daeng Rusle, uda Joefrizal, mas Rusmantoro, mungkin bisa menambahkan detail cerita tsb.
Pengalaman dari berbagai usaha di tempat lain , spt  kontrak offset komponen pesawat dari Boeing, konsesi ladang minyak di Kazakhstan dan berbagai project2 luar negeri lainnya, akan jadi pelajaran berharga utk diterapkan di negara2 lain nya. Selain itu bila dituliskan dalam bentuk buku, akan bisa jadi pelajaran berharga juga bagi generasi muda kita kelak, mulai dari mahasiswa dan para alumni lain nya.
Just info juga utk kondisi di UAE sini, bisa dikatakan saat ini,  Negara kita mendapatkan image yg baik, antara lain dari kinerja yg bagus dari para expatriate tenaga ahli Indonesia yg banyak kerja disini, khususnya di grup persh Adnoc, persh minyak Negara abu dhabi. UAE. Beberapa waktu yg lalu, dubes RI utk UAE yg baru, sempat bertemu dg CEO Adnoc , tanggapan nya positif dan disampaikan mereka puas dg kinerja para tenaga ahli negeri kita di persh mereka dan masih membuka peluang utk para tenaga ahli lain nya utk bekerja disini. Selain peluang tenaga kerja, peluang kerjasama usaha dalam skala perusahaan, semisal kerjasama dg Pertamina tetap terbuka peluang nya dan nampaknya pihak KBRI sangat mendukung hal tsb.
Mudah2an berbagai kiprah expatriat Indonesia di luar negeri khususnya alumni ITB, bisa memberikan bentuk nyata , darma bakti utk negeri kita. Mudah2an IA ITB, bisa mengembangkan format yg tepat mengenai hal tsb, bagaimana para alumni di luar negeri bisa bersinergi secara efektif.
Pada sisi lain, para alumni di dalam negeri, bisa menguatkan performance & kompetensi  para ahli & perusahaan Indonesia, jangan sampai, berbagai usaha yg telah diraih ( kontrak, kerjasama dll ) akhirnya tak dikelola dg baik, terkena berbagai masalah kronis  yg biasa menghadang berbagai persh Indonesia  ( semisal KKN, integritas, kompetensi, ketepatan waktu, kepentingan politis dll ).
Salam dari bawah pohon kurma yg mulai berbuah di musim panas ini
Abu Dhabi , UAE
Hendra Messa, TI 88

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP