powered by Google

Manfaat daun Simbukan

Minggu, 26 Februari 2012

Manfaat daun Simbukan

Daun simbukan atau Paederia tomentosa sangat di kenal dengan aromanya yang cukup tidak sedap dan merupakan daun yang di gunakan untuk membantu bagi mereka yang kembung atau susah kentut. Dalam pengobatan di sebutkan bahwa daun simbukan mempunyai sifat mendinginkan dan membersihkan darah, selain itu juga dapat berfungsi sebagai penghilang rasa sakit, penambah nafsu makan, antibiotik, antiradang dan juga obat batuk.
Dalam pemanfaatannya terdapat beberapa kashiat yang bisa kita dapat dari daun simbukan ini, berikut beberapa resep dan manfaat dari daun simbukan untuk kesehatan :
  • Mengobati Kejang
Caranya : Tumbuk 15 - 60 gr daun simbukan segar hingga menjadi seperti bubur, tambahkan 1 cangkir air matang dan 1 sendok teh garam. Aduk sampai rata kemudian peras dan minum sebelum makan.

  • Mengatasi Nyeri Pada Luka
Caranya : Giling hingga halus batang dan daun segar secukupnya dan tempelkan pada tempat yang terasa nyeri.
  • Mengobati Rematik
Caranya : Ambil seluruh bagian tanaman sebanyak 15 - 60 g, kemudian rebus dengan air secukupnya, saring dan minum airnya.
  • Melancarkan Kencing
Caranya : Rebus seluruh bagian tanaman sebanyak 15 - 60 g dengan air secukupnya, saring dan minum airnya.
  • Mengobati Masuk Angin
Caranya : Kukus 25 lembar daun simbukan dan gunakan sebagai lalapan, untuk obat luarnya layukan daun simbukan di atas api dan tempelkan pada perut.
  • Mengobati Maag
Caranya : Tumbuk 1 genggam daun simbukan, kemudian peras airnya dan minum 1 kali sehari sebanyak 1/4 cangkir.
  • Mengobati Disentri
Caranya : Tumbuk sampai halus 15 - 60 g daun simbukan, tambahkan 1 cangkir air matang dan 1 sendok teh garam. saring dan minum airnya sebelum makan.
  • Mengobati Cacar
Caranya : tumbuk daun simbukan secukupnya hingga halus, tambahkan sedikit air dan garam, kemudian balutkan pada bagian cacar.

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP