powered by Google

Video: Film tentang berdirinya Facebook

Senin, 07 Juli 2014



From: 'B. Antariksa (Erik)' 
Subject: [EL-ITB] Yuk nonton dan analisa film berdirinya Facebook
Sent: Jul 8, 2014 11:35

Rekan2,

Yuk, kita nonton dan analisa film tentang berdirinya Facebook.
Film ini pakai alur flashback, jadi kronologis nya dibuat maju mundur.
Resensi ada di bawah.

Selamat menonton ;-))

Salam kompax,
Erik
------------------------------




RESENSI FILM “THE SOCIAL NETWORK”

Film ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Mark Zuckerberg seorang mahasiswa Harvard yang menciptakan Facebook dengan bantuan pihak-pihak lain. Film ini beralur flashback antrara ketika Mark dan rekan-rekannya sedang bersidang dalam kasus kepemilikan Facebook dan sejarah penciptaan Facebook itu sendiri.
Pada awalnya (tahun 2003) Mark Zuckerbeg menciptakan Facemash, sebuah jejaring untuk pemulihan foto-foto yang diambil dari ‘Facebook’ seluruh anggota asramanya. Pemilihan foto ini berkategorikan ‘hot ot not’. Yang menempatkan foto dua wanita berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi. Salah satu temannya baiknya, Eduardo Saverin, membantu  dalam pencarian rumus yang penting untuk menyempurnakan pembuatan Facemash ini.




Namun karena Facemash ini Mark diadili dan dihukum oleh komite kampus dengan tuduhan menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun hukuman itu dibatalkan. Tak hanya hukuman dari komite kampus, Mark pun dicela oleh beberapa wanita di kampusnya karena tindakan lancangnya.
Pada satu waktu, Mark dihampiri oleh Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss dan dia dipertemukan dengan satu rekannya lagi, Divya Narendra. Mereka bertiga mengungkapkan idenya untuk menciptakan Harvardconnection.com. Mark sempat menyindir ide Winklevoss bersaudara yang menurutnya tidak berbeda dengan friendster dan myspace. Tapi tawaran kerjasama akhirnya diterima Mark.



Namun tak sepenuhnya membatu proses penciptaan Harvardconnection.com ini, Mark justru lebih fokus pada project pribadinya yaitu facebooker. Mark selalu beralasan tidak bisa megerjakan harvardconnection.com. Itu membuat Winklevoss bersaudara dan Divya Narendra sedikit jengah padanya dan ikut membuat tuntutan hokum padanya.



Pada tanggal 4 Februari 2004, seorang temannya (Dustin) menanyakan apakah gadis bernama Stephanie sudah memiliki kekasih? Entah karena Mark sedang tidak bersemangat atau apa, Mark menjawab dengan nada sindiran yang berarti bagaimana dia tahu apakah gadis itu sudah punya pacar atau tidak. Disaat itu terbesit ide, dia langsung berlari menuju kamarnya. Ia menambahkan sebuah fitur pada the facebook. Fitur ini menerangkan bagaimana status user facebook. Pada saat itu dia ditemani oleh temannya, Eduardo Saverin. Mark pun meminta Eduardo untuk mengirimkan situsnya kepada seluruh alamat Email, karena Eduardo memiliki ‘Pheonix Club’. Saat mengirimkan kepada semua email, Winklevoss bersaudara dan Divya mengetahui dan menuduh Mark mencuri ide situs mereka. Mereka bertiga berencana untuk menuntutnya secara hukum.


Keanggotaan facebook awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Mereka berlima berencana melakukan ekpansi ke Stanford, Colombia dan Yale.

Sean Parker ingin bertemu dengan Mark karena telah melihat facebook milik teman kencannya. Sesegera mungkin ia mengatur janjian dengan Mark. Mark yang ditemani oleh Eduardo dan Christy untuk menemuai Sean Parker. Mereka membicarakan lebih lanjut tentang facebook. Namun, Eduardo tidak setuju dengan ide Sean. Tapi tidak dengan Mark.
Eduardo harus pergi ke San Faransisco untuk waktu yang cukup lama. Disaat itu, kedekatan Mark dan Sean semakin meningkat. Hingga Eduardo dating dan marah karena Sean-lah yang mengatur tentang Facebook. Padahal Eduardo dia-lah yang seharusnya melakukan. Karena dia adalah investor dalam hal facebook ini.
Kemarahan Eduardo semakin memuncak ketika dia diminta untuk menandatangani dokumen tentang kepemilikan sahamnya yang menurun. Eduardo merasa ditipu oleh Mark. Eduardo merasa Mark tidak menghargainya sebagai salah satu pendiri perusahaan.
Sean Parker ditangkap karena kedapatan berpesta dengan remaja di bawah umur dan memakai narkoba. Mengetahui hal itu Mark merasa sedikit menyesal dan menatap sebuah kartu nama yang mengejek dirinya. Ia semakin merasa bersalah (mungkin) pada temannya, Eduardo.

Pada hasil persidangan, Winklevoss menerima 65 juta dollar dan menandatangani perjanjian kerahasiaan. Eduardo menerima bagiannya dan kembali menjadi Co-founder dalam pernerbit Facebook.
Di akhir film Mark mencari Facebook dari Erica Albaright dan ingin meng-addnya. Namun tampak ragu dan dia meng-cancel-nya. Dia terus-menerus me-refresh profil facebook tersebut.







Konsep pemasaran dalam Film “The Social Network”

Film ini merupakan sejarah dari terciptanya sebuah social network, facebook. Dari film ini, kita melihat Mark yang sangat cerdik dalam pemasaran Facebook. Pada awal pembuatan Facebook hanya beranggotakan mahasiswa Harvard. Lalu melakukan ekspansi hingga ke seluruh dunia. Dia juga menyambut baik dengan investasi dari Sean Parker walaupun Sean Parker buka seorang pribadi yang baik. Karena Mark hanya melihat dari skill dari Sean Parker. Saluran penyebaran pun dilakukan dengan cara yang sangat baik yaitu dengan cara mengirimkan kepada email dari mahasiswa Harvard dan itu semakin menyebar karena dengan keunikan jaringan social tersebut.


Sumber: destyfitria.blogspot.com

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP