powered by Google

Untuk Alumni ITB di LN: Undangan untuk menjadi Panelis di 2nd Congress of Indonesian Diaspora, 18-20 Aug 2013

Senin, 24 Juni 2013


From: susila cahyono
Date: Mon, 24 Jun 2013 20:32:25 -0700 (PDT)
Subject: [Senyum-ITB] Untuk Alumni ITB di LN: Undangan untuk menjadi Panelis di 2nd Congress of Indonesian Diaspora, 18-20 Aug 2013





2nd Congress of Indonesian Diaspora “home coming”
Jakarta, 18-20 Aug 2013
 
Kongres Diaspora Indonesia merupakan wahana untuk mendorong pendayagunaan kekuatan signifikan diaspora di berbagai Negara, OVERVIEW
     Indonesian Diaspora Network (IDN) sedunia bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia akan menyelenggarakan Kongres Diaspora Indonesia II (2nd Congress of Indonesian Diaspora) di Jakarta pada tanggal 18–20 Agustus 2013 sebagai kelanjutan dari kongres pertama yang diselenggarakan di Los Angeles Juli 2012 lalu.
     Kongres yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut menurut rencana akan dibuka oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.
     Terdapat sekitar 8 juta Diaspora Indonesia di seluruh dunia.  Hal ini menunjukkan suatu kekuatan ekonomi dan intelektual yang signifikan. Untuk itu Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk menerapkan sejumlah kebijakan dalam rangka mendayagunakan kekuatan Diaspora Indonesia yang berada di luar negeri.
 
Banyak sekali Diaspora Indonesia yang ingin berbuat sesuatu bagi tanah airnya namun belum terakomodasi dengan baik, PERMASALAHAN SEPUTAR DIASPORA INDONESIA
     Sejak dahulu belum ada suatu pendekatan dan perhatian secara sistematis dari Pemerintah Republik Indonesia. Baru belakangan ini Pemerintah Republik Indonesia mulai memberi perhatian serius.
     Belum adanya suatu ikatan atau wadah yang dapat merangkul dan mempersatukan Diaspora Indonesia. Padahal sebagai komunitas besar yang padat ilmu, ide, modal, dan jaringan Diaspora Indonesia berpotensi besar sebagai salah satu kunci sukses Indonesia di abad ke-21.
     Diaspora Indonesia ibarat ‘thousands of unconnected dots’ yang seringkali diwarnai dengan minimnya hubungan dengan tanah air yang pada gilirannya menjadi suatu komunitas penuh potensi namun lemah koneksi.
     Masih kurang diperhitungkannya Diaspora Indonesia di sejumlah negara, padahal sejumlah diaspora lainnya seperti India, Cina, dan bahkan Thailand telah menunjukkan eksistensi global yang.
 
Untuk itu, rekan-rekan alumni yang tercinta, saatnya untuk ikut menunjukkan dan memberikan kontribusi setidaknya dengan ide-ide terbaru untuk Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang, saya mengajak alumni untuk mengusulkan rekan/teman alumni ITB di LN yang bisa menjadi PANELIS di PUBLIC FORUM (seperti diminta oleh email Dino Djalal, Dubes RI di Washington, USA) saat 2nd congress CID nanti, silahkan usulannya disampaikan ke saya, susilo.qatar@gmail.com . Ditunggu secepatnya.
 
Karena itu, kami mohon USULAN dari rekan2 mengenai nama-nama PANELIS yang dapat ditampilkan dalam sesi2 ini. Para PANELIS sebaiknya berasal dari manca-negara, dengan profil yang solid,  berprestasi di bidangnya, dan dapat mengutarakan pandangannya secara cemerlang kepada publik (tidak boring, dan tidak biasa-biasa saja). Panelis juga bisa mencakup tokoh yang sudah menjadi ikon. Para Panelis akan dibiayai oleh panitia, baik tiket pesawat maupun akomodasi” (Dino Djalal)
 
 
Email - on 25 June 2013, Dino Patti DJalal wrote:

Sebagai informasi, selain pertemuan berbagai Task Force, dalam Kongres Diaspora ke-2 nanti akan "Diaspora Public Forum".

Diaspora Public Forum adalah forum untuk menampilkan ide, inovasi dan masukan diaspora kepada publik di tanah air, dan bersifat terbuka untuk umum. Diaspora Public Forum berbeda dari pertemuan Task Force yang sifatnya lebih teknis dan action-oriented, dan mungkin tidak terbuka untuk umum.

Setiap sesi Diaspora Public Forum berlangsung sekitar 90 menit, dan diisi oleh sekitar 4 - 5 panel dan moderator. Untuk Kongres di Jakarta nanti, direncanakan sekitar 13 Public Forum, yang umumnya dilakukan tgl 19 Juni, mungkin 2 atau 3 sesi secara parallel.

Karena itu, kami mohon USULAN dari rekan2 mengenai nama-nama PANELIS yang dapat ditampilkan dalam sesi2 ini. Para PANELIS sebaiknya berasal dari manca-negara, dengan profil yang solid,  berprestasi di bidangnya, dan dapat mengutarakan pandangannya secara cemerlang kepada publik (tidak boring, dan tidak biasa-biasa saja). Panelis juga bisa mencakup tokoh yang sudah menjadi ikon. Para Panelis akan dibiayai oleh panitia, baik tiket pesawat maupun akomodasi. Peserta Task Force dapat berperan ganda menjadi Panelis "Diaspora Public Forum". Usulan Panelis dapat dikirim melalui milis bersama ini namun juga dapat di-cckan juga ke 
PanelisCID2@gmail.com

Tujuan strategis "Diaspora Public Forum" adalah agar masyarakat di tanah air dapat menyaksikan bahwa diaspora Indonesia adalah komunitas yang dinamis dan penuh ide segar dan prestasi yang relevan bagi Indonesia.

Sesi2 Diaspora Public Forum sementara ini adalah sbb :


1. Public Forum : "Indonesia Sebagai Emerging Power Dunia"

Contoh panelis :
- John Riady (Columbia University, sekarang di Jakarta Globe)
Dll .....

2. Public Forum: "Diaspora Pelajar Indonesia Berbagi Visi Mengenai Indonesia 2050"
Contoh panelis :
- Pemenang lomba esei Permias USA
- Wakil PPI Belanda
- Wakil dari Australia
Dll .....

3. Public Forum: "Mau Bekerja, Berbisnis atau Belajar di Luar Negeri ? Nasehat dan Pelajaran Dari Diaspora"
Contoh panelis :
1. Muhammad Al Arif (Presiden IDN USA)
Dll .....

4. Public Forum : "Promoting Indonesian Culinary Worldwide"
Contoh panelis :
- Chef Yono (Albany)
Dll ....

5. Public Forum: "Inovasi-inovasi Diaspora Indonesia dan Manfaatnya Bagi RI"
Contoh Panelis :
- Daliana Suryawinata on liveable cities
- Sonita Lontoh on energi
- Diaspora Indonesia dari GuestHub
- Diaspora Indonesia dari Marvel
- Dll ...

6. Public Forum: "The Next Generation: The View of Young Indonesian Diasporas"
Contoh panelis :
· Cinta Laura, artis/penyanyi diaspora, mahasiswa Columbia University;
Dll ...

7. Public Forum: "Tantangan dan Peluang Indonesia di Abad ke-21: Pandangan Dari Diaspora"
Contoh panelis :
- Dr. Iwan Jaya Aziz (Kepala Regional Economic Integration, ADB, Manila)
Dll ....

8. Public Forum: "Business Opportunities, Investment & Networking: The Role of Diaspora Entrepreneurs"
Contoh panelis :
- Edward Wanandi (Presiden IDBC)
- Fify/Robert Manan (Manan Foundation)
- Iwan Sunito (Property developer, Sydney)
Dll .....

9. Public Forum: "Dwi-Kewarganegaraan Sebagai Aspirasi Diaspora Indonesia: Status dan Prospek"
10. Public Forum: "Democracy, Good Governance & Pluralism"Contoh panelis :
- Ustad Shamsi Ali (New York)
Dll .....

11. Public Forum: "Peran Diaspora Dalam Menduniakan Budaya Indonesia"
12. Public Forum : "Forum TKI : Bagaimana melindungi, memberdayakan dan mensejahterakan TKI di luar negeri"
Contoh panelis :
- .......

13. Public Forum : "Bagaimana Indonesia dapat menang bersaing di pentas global : pengalaman dan pandangan diaspora"

Contoh panelis :
- dari RI : Emirsyah Satar (Garuda) / Peter Gontha (Java Jazz)
- dari diaspora : .....

Demikian disampaikan, mohon masukannya dalam waktu yang dekat. Terima kasih kerjasama dan perhatiannya.

Salam, Dino Djalal

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP