powered by Google

Tiga hal penting untuk pengembangan Energi Hidrogen

Selasa, 23 April 2013


From: Satria Zulkarnaen 
Date: Mon, 22 Apr 2013 08:21:05 +0200
Subject: Re: [Senyum-ITB] Renungan from Oblivion Movie: Hydrogen Fuel, Sumber Energi dan Teknologi Masa Depan ?

 

Tiga hal penting untuk pengembangan energi hidrogen:
  1. Bagaimana memproduksi hidrogen? Menggunakan proses elektrolisa air biasa, tetap membutuhkan sumber energi lain yang sangat besar. Oleh sebab itu, arah riset untuk bagian ini adalah: photocatalytic hydrogen production, yaitu water splitting memanfaatkan overpotential pada sel surya tandem berbahan material nanostruktur; dan juga, geothermal-assisted hydrogen production.
  2. Bagaimana menyimpan hydrogen/ hydrogen storage? Arah riset di bidang ini antara lain pengembangan material meso/nanoporous dimana hydrogen bisa di-confine, salahsatunya adalah metal-organic-framework (MOF) materials. Selain itu, masih ada juga riset di material alloy conventional seperti AlH3. Riset di bidang hydrogen storage sendiri sebetulnya bisa hand-in-hand dengan riset di bidang battery. Dibutuhkan kapabilitas spektroskopi yang baik untuk mengukur hydrogen loading pada suatu material, terutama teknik spektroskopi NMR. 
  3. Bagaimana memanfaatkan energi hydrogen?  Untuk di bagian ini, tentunya hydrogen fuel cell adalah salahsatu arahan riset utamanya. Tetapi, fuel cell sendiri tidak se-simpel yang dibayangkan. Ada teknologi protic membran yang harus terus dikembangkan. Selain itu permasalahan mengenai material elektroda yang terus menjadi tantangan terbesar. 
Kondisi Indonesia sudah sampai mana? Sampai saat ini, pola riset di Indonesia masih bersifat "a bit of this, a bit of that", dan juga masih kurangnya SDM yang berkecimpung di masing-masing bidang itu. Kalau mau di-breakdown lagi research-tree di atas, kemudian diidentifikasi satu per satu siapa expert Indonesia yang ada, tiap-tiap bagian research-tree tersebut paling masih diisi satu orang ahli, atau belum ada ahlinya sama sekali. 

Penting bagi Indonesia, BUMN energi, dan IA-ITB untuk mengidentifikasi hal tersebut. Oleh sebab itu, yang selama ini menjadi pertanyaan di kepala saya adalah, untuk Pertamina, R&D apa yang ada di sana? Seberapa besar dana yang dialokasikan sebagai "sunk cost" untuk R&D. Seberapa besar dan baik tim R&D Pertamina untuk riset-riset energi baru seperti ini, sudahkan mencapai critical mass? Atau mungkin pertanyaannya, seberapa besar kemampuan R&D Indonesia sendiri?

Research is not all about money and funding, but also directions, outlooks, manpower, and capabilities.


Satria FI`02


------------------------------
Subject: [Senyum-ITB] Renungan from Oblivion Movie: Hydrogen Fuel, Sumber Energi dan Teknologi Masa Depan ?


Rekan2 ysh, apa ada yang berkecimpung di development hydrogen fuel. Apa ada yang bisa share perkembangannya saat ini ?

Saya pernah baca di buku Future Energy, bahwa Hydrogen ini merupakan solusi energi di masa depan (bahkan jauh setelah Nuclear), namun saat ini teknologi memisahkan Hydrogen dan Oxygen masih dari H2O di air masih toooo expensive.

Saya awam ttg ini, maklum lebih merupakan professional di migas hulu.

Kenapa saya tanyakan ini, karena tertarik setelah menonton film science fiction Oblivion yg releae 19 April ini, dengan bintang Tom Cruise yang menceritakan Bumi di tahun 2077. Selain plot ceritanya yang menurut ya menarik dan twisted conclusion. Juga bagaimana invasion dan exploitation besar2 air di bumi utk dijadikan hydrogen fuel.


Berikut gambar bagaimana peralatan untuk mengeksploitasi air dan menjadikan hydrogen fuel, di film Oblivion.

image.jpeg


Joi Surya Dharma

Energy Nusantara
Indonesia's Leading Energy Network

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP