powered by Google

Outsourcing dan Business Engineering Engineering Consultant

Senin, 01 April 2013


From: Henry Ako Tampubolon
Date: Mon, 1 Apr 2013 01:27:29 -0700 (PDT)
Subject: [Senyum-ITB] Outsourcing dan Business Engineering Engineering Consultant





Dear all,

Pertama2 saya tidak ada maksud mengiklankan perusahaan2 ini dimana saya sendiri tidak pernah bekerja pada kedua perusahaan tersebut. Saya pernah bekerja dengan engineer2 pada perusahaan tersebut adalah benar dimana mereka bekerja dengan perusahaan saya bekerja saat ini yaitu FMC Technologies di Kongsberg, Norway. Swedia adalah negara tetangga Norway namun mereka miskin SDA namun begitu kaya akan SDM nya. Dari teman saya berkebangsaan Swedia, mereka mengatakan  sekitar 35.000 orang Swedia setiap hari Senin pagi melewati perbatasan Swedia-Norway untuk bekerja di berbagai sektor di Norway. Mereka biasanya bekerja dari Senin hingga kamis dengan extra 2 jam perhari dan kemudian balik ke Swedia pada akhir pekan (kamis malam hingga senin pagi). Norway sendiri dengan SDA bidang migas dan jumlah penduduk yang minim membuat mereka kekurangan tenaga engineer. Saya membaca di koran lokal Kongsberg minggu lalu, perguruan tinggi di tempat saya tinggal hingga mendatangin beberapa SMU untuk mengajak para siswa2 masuk pada bidang engineering dan mereka menjamin setelah lulus akan mendapatkan 2 offering. Mereka begitu konsern dengan banjirnya engineer2 dari negara lain di Norway. Ini baru kondisi kekurangan engineer, beberapa waktu lalu membaca berita Indonesia kekurangan engineer, saya sendiri masih bertanya2 karena beberapa teman2 saya bekerja pada bidang lain yang bukan engineering dimana mereka sendiri pingin bekerja sebagai engineer.

Ternyata minim SDA bukanlah sebuah akhir yang jelek malah merupakan start yang bagus untuk bekerja keras. Seorang consultant outsourcing di Norway gajinya lebih besar dibandingkan dengan pegawai tetap, namun mereka  bekerja berdasarkan kontrak dan sangat rentan jika terjadi pengurangan karyawan. Namun untuk orang local Norway, dengan sistem benefit oleh negara mereka tidak takut kalau jobless karena tetap mendapatkan gaji dari negara. Teman2 yang tahu bagaimana kondisi di Indonesia tentang perusahaan outsourcing? Kedua perusahaan tersebut dibawah mengexport begitu banyak engineer ke banyak negara yang membutuhkan jasa mereka. Saya mungkin minim perkembangan infomasi terkini di Indonesia tentang perusahaan2 yang berafiliasi dengan business ini. Jikalau ada alumni ITB yang pingin memulai business seperti ini saya pribadi akan sangat senang. Informasi2 pada website mereka mungkin bisa dijadikan masukan yang bagus.

Kita punya banyak SDM yang bagus2 termasuk di luar ITB, saya pribadi yakin mereka bisa bersaing dengan engineer2 negara lain dengan management yang baik.

Trelleborg dari Sweden
Tata Conculting Engineer dari India
salam,
Henry


-------------------------------------
Peta: Gothenburg, Swedia (A) - Kongsberg, Norwegia (B) = 350 km
View Larger Map

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP