powered by Google

Keuntungan memiliki mobil listrik di Norwegia

Minggu, 27 Januari 2013


Peugeot iOn - English


Uploaded on Sep 16, 2010
"100% emission free, 100% electric, 100% real," With these words Peugeot proudly announces their first electric car. The French are presenting the first european electric vehicle with lithium-ion battery.

-----------------------------------------------
From: AP Sutowijoyo
Date: Sun, 27 Jan 2013 09:36:19 -0000
Subject: [Senyum-ITB] Re: Info: MOBIL HIBRID TANPA BATERE


Rekans,

Senin minggu lalu saya ketemu temen baru di tempat main bowling. Kami sama2 mewakili perusahaan dalam kompetisi bowling mingguan. Pas kenalan kedengeran sekali logat Malaysianya, aku nangkapnya dia bernama Nakatori, ternyata dari nama di IDnya, tertulis Nakatury. Asli Aceh, lama di Malaysia sebelum datang ke Norway dan sekarang sudah menjadi warga Norway. Ngomong ngalor ngidul beberapa lama, akhirnya ngomongin topik utama yaitu tentang permobilan.

Ternyata dia pemilik elbil (elektrik bil) atau mobil listrik. Dengan antusias dia bercerita tentang elbil barunya, Peugeot iOn yang dibelinya beberapa bulan yang lalu, sebelumnya dia pakai Mercedes CLK. "Disini punya elbil, hampir tidak keluar uang sama sekali tiap bulannya", begitu promosinya. Untuk lebih afdolnya, akhirnya kami keluar gedung bowling dan menuju Peugeot imutnya. Berkapasitas 4 orang, 5 pintu, 100% elektrik, harga baru dibandrol sekitar 210.000 NOK (1 NOK setara dengan 1.700IDR), lama charge 6 jam, kecepatan maksimum 130km/jam (kecepatan maksimum di tol Norway 90km/jam:), jarak tempuh 150 km. Tiap bulan dia praktis tidak mengeluarkan biaya2 yang harus dikeluarkan pemilik mobil biasa. Dia hanya bayar asuransi sekitar 300NOK/bulan, yang nilainya jauh lebih kecil di banding yang harus dibayar pemilik mobil biasa.

Lalu apakah keuntungan2 memiliki mobil listrik itu?:

1. Tidak ada pajak pembelian (sangat tinggi untuk mobil biasa)

2. Pembebasan dari PPN 25% atas pembelian

3. Tidak ada biaya di jalan tol
Di Norway tidak ada gerbang/pintu tol seperti di negara2 Eropa lainnya seperti Perancis atau Italy, jadi tidak pernah ada antrian panjang di pintu tol, karena memang tidak ada pintunya:) Yang ada adalah sebuah sensor dengan 2 lampu (hijau dan putih) yang dipasang ditepi jalan diperbatasan kommune. Kommune ini wilayah setingkat kecamatan. Jadi ketika kita memasuki wilayah kommune lain, maka kita harus bayar. Normalnya seharga 20NOK untuk mobil biasa dan 50NOK untuk truk/bus. Tapi dengan AutoPass kita bisa dapat diskon hingga 40%. AutoPass ini merupakan alat yang dipasang di kaca (dalam-depan-atas) kendaraan kita. Ketika melewati sensor di jalan tadi, maka lampu sensor akan menyala hijau, yang menandakan bahwa kita masih punya deposito di AutoPass kita.

Bagaimana mendapatkan AutoPass ini?
Sangat gampang. Tinggal datang ke bensin stasion, biasanya Esso. Lalu daftar (isi form), segera kita akan mendapat alat ini, tinggal kita pasang di kaca depan. Hari itu juga bisa langsung aktif. Segala biaya akan dikirim via pos atau email dan kita tinggal transfer kalau nilai deposito kita habis, ditandai dengan lampu sensor berwarna putih pas kita melewati sensor. Makin besar deposito kita, makin tinggi diskon yang kita dapat. Deposito 2100NOK akan mendapat diskon sampai 40%.

4. Gratis Listrik
Pengisian ditempat2 umum adalah gratis. Per september 2012, ada 8000 unit elbil (target 100.000 unit di tahun 2020) di Norway, dengan 3400 titik pengisian. Ini artinya masih sangat longgar atau nyaman bagi pemilik elbil untuk mencharge baterinya di tempat umum. Bahkan sering saya lihat tempat2 pengisian di dalam kota, mal2, atau pun kampus2 sering kali masih kosong.

5. Gratis parkir di kota & prioritas di pusat perbelanjaan.
Masalah parkir menjadi masalah serius di Norway, apalagi di hari sabtu dan minggu, untuk mencari tempat parkir saja butuh waktu cukup lama. Denda karena parkir pun seringkali bikin pusing. Sekali kena denda, kita harus bayar 500NOK. Saya sendiri sudah kena 8 kali denda oleh perusahaan parasit ini:) Di mal2 biasanya tempat parkir di petakan berdasarkan prioritas. Prioritas nomor satu tentunya untuk penyandang cacat. Tempat parkir mereka ada di sekitar pintu masuk mal, ditandai dengan warna biru di lantai pakirnya. Prioritas kedua ternyata buat mobil listrik. Ditandai dengan warna hijau dilantainya, dan dilengkapi dengan colokan listrik di dinding. Pemilik elbil tinggal parkir, tarik kabel, dan mencharge mobilnya, trus belanja.

6. Gratis akses ke jalur bus
Meski penduduknya cuman 5 juta (2012), di jam2 kantor masih saja ada macet. Salah satu solusinya adalah dengan memberikan jalur khusus buat taksi dan bus di beberapa ruas jalan, utamanya di sekitar pusat kota dan jalur2 luar yang berpotensi mengalami kemacetan. Nah elbil ini punya hak untuk memakai jalur khusus busa dan taksi ini. Banyak yang bisa menghemat waktu di jalan sampai 7-8/jam perminggunya.

Demikian sharing ceritanya:)



Selamat berhari minggu dan salam,
Sutowi


Peta: KBRI Indonesia - Oslo City Shopping Centre 4 km


Peugeot ion - essai voiture électrique




0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP