powered by Google

Strategi melakukan Inovasi

Kamis, 13 Desember 2012


Strategi melakukan Inovasi





Inovasi merupakan strategi melahirkan sesuatu yang baru yang berbeda dari apa yang telah dimunculkan sebelumnya. Di dalam mengelola sebuah layanan jasa atau menghasilkan produk usaha, inovasi menjadi unsur yang penting agar terjadi kedinamisan selera konsumen.
Menghasilkan produk atau layanan yang monoton membuat sebagian konsumen akan merasa bosan, terlebih produk atau layanan sebelumnya memiliki banyak kekurangan.
Inovasi juga merupakan bagian dari mental seorang pebisnis yakni inovatif. Seorang pebisnis memiliki tuntutan untuk mampu menjadi sosok yang inovatif dalam melahirkan ide-ide dan strategi untuk mengembangkan usaha bisnis yang dimiliki. Mental inovatif tersebut pada akhirnya akan dimunculkan pada karya-karya inovasi sebagai hasil dari produk bisnis atau layanan jasa untuk konsumen.
Apa saja sebetulnya manfaat dari adanya sebuah produk atau layanan jasa yang dihasilkan dengan cara-cara inovasi tersebut? berikut ini beberapa hal yang membuat inovasi menjadi sebuah kebutuhan penting di dalam menjalankan sebuah usaha bisnis:
1. Inovasi sebagai bentuk penyempurnaan produk atau layanan jasa
Melalui sebuah inovasi di dalam penyediaan produk atau layanan jasa bisnis, maka hal terpenting yang paling diharapkan adalah adanya penyempurnaan kualitas dari sebuah produk yang dihasilkan terhadap produk yang sebelumnya sudah ada. Jadi inovasi merupakan suatu bentuk penyempurnaan, bukan merupakan perubahan yang menyebabkan kualitas sebuah produk atau layanan jasa menurun kualitasnya.
Kebanyakan orang dalam melakukan sebuah bisnis usaha akan mengurangi kualitas sebuah produk apabila dinilai sudah memiliki jumlah pelanggan yang banyak.
Ini merupakan kesalahan strategi pemasaran yang akan berdampak pada penurunan tingkat penjualan. Idealnya adalah pihak perusahaan melakukan upaya inovasi untuk meningkatkan kualitas produknya dari masa ke semasa dengan tawaran harga yang bersaing di pasaran.
2. Inovasi untuk meningkatkan angka penjualan
Melalui sebuah inovasi akan muncul produk-produk baru yang barang kali selama ini sudah dinantikan oleh para konsumen. Dengan cara ini, secara otomatis angka penjualan akan meningkat.
Konsumen pada umumnya menyukai sebuah produk dengan inovasi baru yang lebih menjawab kebutuhan mereka.
Kebutuhan terkadang menjadi hal jauh lebih berharga dari jumlah harga barang itu sendiri. Orang mau membeli sesuatu yang berharga mahal hanya karena tingkat kebutuhan terhadap barang atau layanan jasa tersebut sudah cukup mendesak.
3. Inovasi merupakan bukti kualitas dari perusahaan
Kualitas memang berhubungan dengan inovasi. Inovasi yang dihadirkan tentunya merupakan hal yang lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu, semakin sering Anda melakukan inovasi terhadap produk maupun layanan dengan kualitas yang lebih baik, secara langsung juga sudah menunjukkan bahwa perusahaan Anda adalah perusahaan yang mementingkan kualitas.
Dari waktu ke waktu melakukan perbaikan terhadap kualitas sebuah produk atau layanan dalam rangka memenuhi kebutuhan para konsumen agar lebih baik lagi.
4. Inovasi sebagai upaya melawan produk atau jasa kompetitor
Inovasi juga menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis untuk melawan adanya produk kompetitor atau pendatang baru yang hadir memberikan saingan terhadap usaha bisnis Anda. Dalam hal ini upaya inovasi menjadi cukup penting apabila Anda tidak menginginkan kerugian besar terhadap penurunan jumlah konsumen akibat adanya produk kompetitor baru. Inovasi akan membuat usaha bisnis Anda tampil lebih fresh, baru dan lain dari pada yang lain.
Mengingat begitu pentingnya peran yang dimainkan oleh sebuah fungsi inovasi, maka dalam menjalankan sebuah usaha bisnis, inovasi merupakan salah satu hal yang penting untuk Anda jalankan.


0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP