powered by Google

Sketsa : Sekitar Tugu Pahlawan di Hari Pahlawan

Jumat, 21 September 2012


SEKITAR TUGU PAHLAWAN di HARI PAHLAWAN






KANTOR GUBERNUR
di bangun tepatnya tahun 1929 yang berlokasi di Jalan Pahlawan 18 (sekarang Jalan Pahlawan 110). Pembangunan gedung tersebut selesai pada tahun 1931, seiring dengan itu kegiatan pemerintahan pun dipindahkan ke kantor baru yang kemudian difungsikan sebagai Gouverneurs Kantoor (Kantor Gubernur), Residensi Kantoor (Kantor Residen), dan CKC. Kantor Gubernur yang berlokasi di Jalan Pahlawan ini (sekarang dikenal dengan sebutan Kantor Gubernur lama) berdiri di atas sebidang tanah seluas 11.612 m˛.


Bangunan pokoknya terdiri atas 2 (dua) lantai bergaya ‘Roma’ dengan luas bangunan 7.865 m˛ yang dimodernisasi. Pembangunan gedung ini menelan biaya sebesar F 805.000. Selama ini bangunan di Jalan Pahlawan inilah yang lebih dikenal masyarakat luas sebagai gedung Kantor Gubernur Jawa Timur. Telah mengalami renovasi beberapa kali, baik karena kerusakan-kerusakan akibat pengeboman pada masa perang kemerdekaan, maupun karena disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.


Kantor Gubernur dibangun dengan kapasitas 300 (tiga ratus) orang pegawai guna melayani penduduk Jawa Timur yang masih berjumlah 10 (sepuluh) juta jiwa. Tercatat beberapa Gubernur pada masa Pemerintahan Belanda yang menggunakan gedung tersebut sebagai Kantor Gubernur.


Pada masa Pemerintahan Jepang gedung tersebut difungsikan sebagai Kantor Syuucho (Karesidenan) mengingat jabatan gubernur dalam organisasi Pemerintahan Jepang tidak dikenal. Jabatan gubernur dihidupkan lagi pada masa kemerdekaan RI dan Kantor Gubernur kembali difungsikan sebagai Kantor Gubernur Jawa Angin Timur

PEN BRUSH ON A3 SAMSON PAPER
FINISH WITH WATERCOLOR KEPRET STYLE..


KANTOR GUBERNUR JATIM (Gouverneurs Kantoor)

jl. Pahlawan no. 110 Surabaya Jawa Timur 
( DARI SUDUT PANDANG DEPAN )

LIQUID GEL PEN ON A3 SAMSON PAPER
FINISH WITH WATERCOLOR
AND SEDIKIT KEPRET STYLE...



TUGU PAHLAWAN
( sudut pandang mata kodok alias ndlosor! )

dibangun untuk memperingati peristiwa heroik 10 November 1945. Tugu Pahlawan ini diresmikan oleh Presiden RI pertama Ir.Soekarno tanggal 10 November 1952 dan di bawahnya dibangun pula Museum (bawah tanah) Tugu Pahlawan yang mengoleksi berbagai peninggalan masa perjuangan tahun 1945.

LIQUID GEL PEN ON A3 SAMSON PAPER
FINISH WITH WATERCOLOR


VIADUK JL. PAHLAWAN (ALOON ALOON STRAAT) 

terletak di sebelah timur Tugu Pahlawan, dgn latar belakang Gedung Kantot Gubernur Jatim..
merupakan saksi sejarah perang dahsyat 10 Nopember. Pergerakan Pemuda Surabaya menghadang pasukan sekutu dari atas viaduk ini.
Viaduk ini dibangun Belanda berfungsi sebagai jembatan utk kereta api..


DRAWING PEN ON A3 SAMSON PAPER
FINISH WITH WATERCOLOR
SEDIKIT KEPRET..


GEDUNG LINDETEVES

Gedung tersebut dibangun pada tahun 1911. Perancangnya adalah biro arsitek Hulswit, Fermont dan Ed. Cuypers dari Batavia (Jakarta). Dengan menara "Jam " nya yang sangat tinggi, gedung tersebut menjadi "Landmark" bagi lingkungan sekitarnya.
Pada zaman Belanda, gedung yang terletak di pojok Jalan Pahlawan dengan jalan Kebun Rojo Surabaya ini dikenal sebagai gedung NV.Lindeteves. Pada zaman panjajahan Jepang, Gedung ini digunakan untuk bengkel keperluan militer Jepang. Sekarang gedung ini digunakan sebagai gedung Bank Mandiri dan sebelumnya pernah dipakai oleh Bank Niaga. Pemerintah Kota Surabaya, mencatat gedung ini sebagai salah satu “cagar budaya” di Kota Surabaya.

DRAWING PEN ON A3 SAMSON PAPER
FINISH WITH WATERCOLOR
SEDIKIT KEPRET...



Sumber: urbansketchers-indonesia.blogspot.com

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP