powered by Google

Kapan mulai puasa?

Senin, 24 Juni 2013


From: iharytara@gmail.com
Sender: Senyum-ITB@yahoogroups.com
Date: Mon, 24 Jun 2013 22:29:17
Subject: [Senyum-ITB] Kapan mulai puasa?


Dalam hitungan hari kita yg beragama Islam akan kedatangan tamu istimewa, bulan Ramadhan yg penuh berkah. Tapi kapan tepatnya sang tamu akan datang? Sebagian ada yg mengatakan tanggal 9 Juli, sebagian lagi tanggal 10 Juli? Jadi kapan kita mulai puasa?

Hal ini memang merupakan masalah klasik yg akan terus berulang, kecuali masing2 pihak yg berbeda pendapat mau berdiskusi dan terbuka untuk saling menerima masukan dari yg lain.

Ada 2 hal utama yg memunculkan perbedaan tajam diantara 2 kelompok besar, yg menggunakan metode hisab dan rukyat, menyangkut definisi hilal (bulan sabit) dan cara melihatnya.

Kelompok yg berpegang teguh pada hisab menyatakan bhw hilal akan 'terlihat' bila secara perhitungan, bulan (baru) telah berada di atas ufuk, berapapun tingginya. Seméntara kelompok rukyat menyatakan bahwa hilal harus dapat diamati dengan mata telanjang (yg secara astronomis telah memiliki ketinggian 2 derajat atau lebih).

Berdasarkan perbedaan tsb di atas, hampir pasti Ramadhan tahun ini akan datang di saat yg berbeda. Berdasarkan perhitungan yg dilakukan NASA, ketinggian bulan di tanggal 8 Juli setelah ijtima' (konjungsi) akan memiliki ketinggian < 1 derajat dan hampir pasti tidak terlihat ketika dirukyat. Sehingga menurut kelompok rukyat 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 10 Juli.

Sementara bagi kelompok hisab, bln Ramadhan akan dimulai pd tgl 9 Juli, krn menrt perhitungan bulan sudah muncul (wujudul hilal).

Rasanya lagu yg dinyanyikan Noah sangat tepat untuk menggambarkan hal ini .. 
Dan terjadi lagi .. Kisah lama yg terulang kembali ..




Imam
GL88

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP