powered by Google

Kamis Desain: Memilih Warna Rumah

Kamis, 12 Mei 2011

From: mang jamal
Sent: Thursday, May 12, 2011 5:49 PM
Subject: [Senyum-ITB] (Kamis Desain): memilih warna rumah

memilih warna rumah

kalau bingung kapan waktu yang tepat untuk mengecat ulang rumah? Ini kira-kira pilihan waktunya:
1. menjelang hari raya adalah saat yang paling bagus.
2. menjelang ada hajatan/kenduri di rumah
3. dalam rangka menyambut kelahiran anggota baru keluarga. yg ini selain rumah tentu kamar sang bayi juga, bila ada.
4. kapan saja maunya atau sempatnya.
5. baru beli/pindahan.

Sifat umum warna
Warna umumnya dipahami sebagai elemen yang potensial dalam proses penciptaan komposisi estetik. Warna memberi pengaruh pada wujud, ukuran, berat dan temperatur. Warna bersifat ekspresif karena membawa gagasan mengenai simbol. Misalnya pakaian bayi, kita bisa membedakanya dengan dua warna, pink atau merah muda untuk bayi perempuan dan biru muda untuk bayi laki-laki. Dua warna ini memiliki makna gender. Makna konotasi simbolik warna telah dikembangkan sejak lama dan di setiap kebudayaan memiliki makna yang berbeda atau khusus.

Warna merah dalam kebudaan Cina dianggap warna paling tinggi dalam hirarki warna karena menyimbolkan kejayaan atau kemakmuran. Sedang di masyarakat Indonesia atau khususnya pulau Jawa, warna kuning dan kuning emas dianggap warna paling tinggi karena melambangkan kejayaan, kemakmuran atau kekayaan. Warna kuning diambil dari warna padi matang (padi menguning). Selain itu warna umumnya dihubungkan dengan kondisi alam. Seperti warna biru laut atau langit, coklat tanah dan hijau untuk hutan atau daun. Lingkungan hidup dilambangkan dengan hijau warna daun. Itulah sebabnya istilah desain yang ramah lingkungan dalam bahasa Inggris mengacu pada atau menggunakan warna hijau, green design. tapi bahwa darah mahluk asing di film warnanya hijau, sepertinya sekedar membedakan dengan warna merah darah makhluk bumi saja :)

sedikit tentang (teori) Warna
Warna umumnya dapat dibagi paling tidak ke dalam tiga sekte atau tiga variabel, yaitu hue, value dansaturation atau chroma.
• Hue adalah klasifikasi warna berdasarkan nama, seperti merah, kuning, biru adalah warna dasar atauwarna Primer. Warna orange adalah campuran merah dan kuning), hijau dihasilkan dari campuranbiru dan kuning sementara warna ungu adalah campuran merah dan biru. Dengan begitu ketiga warna ini disebut warna Sekunder. Campuran warna Primer dan Sekunder menghasilkan warna yang disebut warna Tersier (Tertiary), warna antara merah-orange, kuning-orange, kuning-hijau, biru-hijau, biru-ungu, biru-hijau, merah-ungu.
• Value adalah klasifikasi gelap-terangnya warna yang dihasilkan dari pencampuran warna Primer, Sekunder dan Tersier dengan warna hitam dan putih. Tint adalah warna yang dicampur dengan putih, sedang Shade atau Tone adalah warna yang dicampur dengan hitam.
• Saturasi adalah tingkat kemurnian hue (warna) tanpa tercampur oleh warna lain. Warna murni ini relatif tidak memiliki konotasi seperti dingin atau hangat.

rumah berwajah hijau pucuk daun
Kesan Warna
kesan warna maksudnya kesan kita, persepsi visual terhadap sifat yang dihasilkan suatu warna. umumnya warna-warna tua akan memberi ruang berkesan lebih kecild ari yang sebenarnya dan sebaliknya, warna cerah akan memberi kesan ruang lebih luas. kesan kecil ini kadang diperlukan untuk menciptakan suasana lebih nyaman atau cozy. segala sesuatu jadi tampak dekat.

Warna Wajah Rumah
syukurlah bahwa semua orang umumnya menyukai warna cerah atau warna terang. Dalam warna, cerah atau terang artinya warna-warna muda. makin muda makin bagus, karena makin sedikit unsur warnanya dan putihnya makin banyak.

menghemat warna wajah rumah?
menghemat bisa dilakukan dengan penggunaan material alam seperti macam-macam batu (asal jangan batu akik atau batu mulia) seperti batu bata, batu candi, batu andesit, batu sukabumi, batu subang, limestone, batu cadas, batu sungai, sandstone, legdestone, rolling stone mah jangan, batu plered, marmer, keramik, marmo, dll, pada dinding depan rumah. batu bata dan sebangsanyamemberi kesan alami atau resort, atau `home' in old sense. resikonya Anda harus tidak mudah bosan, karena material itu akan nempel seumur-umur. kalau pembosan mungkin dengan cat saja, supaya tiap bulan atau tiap tahun dapat dilakukan pengecatan ulang dengan warna sesuai tren atau keinginan pada saat itu.

Supaya Rumah Berkesan Tidak Tinggi : dua warna
kalau rumah ingin diberi kesan lebih rendah (karena tampak terlalu tinggi menjulang) atau dua lantai tapi ingin diberi kesan tidak terlalu tinggi, dapat digunakan dua warna. Prinsip warnanya dapat menggunakan tua-muda. Yang tua dibawah. Ini cenderung bagus, karena selain sesuai dengan hukum gravitasi, juga secara visual, warna tua berada di bawah karena tampak lebih berat, jadi lebih pantas dibawah.

Kiat memilih warna
Selain berdasarkan sifat warna atau kesan warna, kalau mau, sebaiknya lihat dulu warna rumah tetangga. Dua kemungkinan, menyamakan rumah kita dengan tetangga atau membedakannya. Supaya kawan mudah menemukan rumah kita, tentu sebaiknya warna yang paling beda di jajaran rumah di jalan itu.
"Cari aja rumah bercat ungu. Ngga ada lagi di komplek itu." misalnya.

Warna Interior Rumah
beranikan untuk menggunakan warna yang berbeda bagi setiap ruangan. warna adalah semua yg ada di depan mata, jadi warna adalah dunia. ruang dengan warna yang berbeda menyajikan dunia yang juga berbeda.salah satu alasan warna ruang atau kamar yg berbeda adalah karena penghuninya berbeda. upayakan sedekat mungkin dengan dunia penghuni. warna kamar tidur berbeda dengan warna ruang makan. warna kamar tidur umumnya yang teduh, kalau warna masih kurang teduh, boleh ditambah tenda seperti khadafi atau payung. ruang makan yang dekat-dekat dengan masalah menerbitkan selera, dan seterusnya. gunakan warna dengan pendekatan sifat atau kesannya, dan itu terserah kita saja. misalnya ada ruang yang diharapkan berciri ceria, resmi, kalem, dan seterusnya, bisa kita presentasikan dengan warna yg kita yakini kesannya demikian.

Sekarang ada toko cat khusus, kita bisa memilih campuran warna yang kita sukai dan semoga jadi warnakhas rumah kita. Selamat mengecat rumah.

mang jamal
desain interior 88,
judisium kelulusan: menjengkelkan hahaha

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian

10 Halaman Favorit

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP